Mahasiswa KKN IPB Ajarkan Pembuatan Camilan Unik Nata de Pina Kepada Warga Cirangkong

KOTASUBANG.com, Subang – Kabupaten Subang, memang terkenal dengan nanasnya yang berlimpah, selain itu, rasa nanas Subang juga dikenal dengan rasa khasnya yang jarang dijumpai pada varietas nanas lainnya. Desa Cirangkong merupakan desa penghasil nanas terbesar ketiga di Kabupaten Subang.

Melihat potensi tersebut, kelompok KKN IPB Desa Cirangkong yang tengah menjalankan tugas pengabdian masayarakat, memiliki satu program kerja yaitu pelatihan pembuatan pangan berbahan dasar nanas. Buah nanas yang diambil sarinya diolah menjadi cemilan sehat dan unik yang disebut dengan Nata de Pina.

Pelatihan pembuatan Nata de Pina kepada warga desa Cirangkong tersebut dilaksanakan Jumat (22/7/2019) lalu. Pelatihan tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat desa dengan beragai profesi dan didominasi oleh ibu-ibu.  Hal ini disambut hangat oleh warga yang mengikuti penyuluhan dan pelatihan pembuatan Nata de Pina.

Warga desa mengaku baru pertama kali mengetahui bahwa buah nanas yang selama ini melimpah di sekitarnya, tidak hanya diolah menjadi camilan dodol atau wajit yang merupakan makananan tradisional saja, namun juga dapat dijadikan camilan sehat lainnya. Didalam kegiatan tersebut, perwakilan mahasiswa menjelaskan serta mempraktekkan secara langsung kepada warga bagaimana cara mengolah nanas menjadi Nata de Pina. .

“Dengan adanya penyuluhan dan pelatihan pembuatan Nata de Pina di Desa Cirangkong, saya berharap kedepannya masyarakat Desa mampu berinovasi dan mengembangkannya untuk mengolah sumber daya alam khususnya buah nanas yang tidakhanya menjadi camilan tradisional, namun bisa juga menjadi camilan kekinian seperti Nata de Pina, agar secara tidak langsung meningkatkan nilai jual buah nanas serta meningkatkan perekonomian masyarakat desa Cirangkong.”, ujar Huky Arvi selaku salah satu mahasiswa KKN IPB di Desa Cirangkong.