Temui Jokowi, Hyundai Tertarik Bangun Pabrik di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Pabrikan mobil asal Korea Selatan Grup Hyundai Motors berencana membangun pabrik mobil di kawasan industri Subang, Bekasi, Karawang dan Purwakarta, Jawa Barat, pada 2021 mendatang. Hal itu disampaikan jajaran pimpinan Hyundai kepada presiden Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Jajaran Pimpiann Hyundai terdiri dari Direktur Utama Hyundai Young Woon Kong, Wakil Ketua Eksekutif Hyundai Euisun Chung, Wakil Presiden Eksekutif Hyundai Hong-Jae Park, dan Wakil Presiden Senior Youngtack Lee. Sementara Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong.

Pabrik yang akan dibangun tersebut rencanya akan memproduksi mobil berteknologi tinggi yaitu electrical vehicle, fuel shell vehicle, autonomous vehicle, bahkan flying vehicle.

Airlangga Hartarto mengatakan, presiden menyambut positif hal ini, karena industri otomotif akan menjadi andalan ekspor Indonesia kedepan.

Rencananya kata Airlangga, jika jadi dibangun pabriknya, perusahaan tersebut akan mengeskpor sekitar 40 persen hasil produksinya dan 60 persen sisanya akan dipasarkan di dalam negeri.  Saat ini pihak perusahaan tengah melakukan survey kawasan.

“Jadi investasi sedang dalam studi, mereka sedang melakukan survei daripada kawasan dan permintaan terkait dengan fiskal insentif. Fiskalnya tentang tax holiday sedang bicara,” kata Airlangga seperti di kutip dari Kompas.com.