Kades Kawungluwuk Serius Garap Bukit Pamoyanan Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Destinasi wisata bukit Pamoyanan, Desa Kawung Luwuk, Kecamatan Tanjungsiang terus berbenah. Sebagai destinasi wisata yang terbilang “baru”, progresnya cukup signifikan, kini di lokasi tersebut sudah terdapat menara pandang, warung, pendopo, mushola dan toilet meskipun masih memerlukan penataan. Selain itu jalan menuju puncak bukit dari lokasi parkir juga sudah dibenahi meskipun belum tuntas.

Dikelola oleh Kompepar dan Bumdes Kawungluwuk, bukit Pamoyanan juga memiliki fasilitas penyewaan tenda untuk pengunjung, sehingga wisatawan tak perlu lagi repot-repot membawa tenda.

 

 

Kepala desa Kawungluwuk Adim, S.IP mengungkapkan keseriusannya untuk pengembangan destinasi wisata bukit Pamoyanan agar menjadi destinasi wisata unggulan di Subang. Pihaknya bahkan telah mengundang konsultan terkait penataan Pamoyanan ke depan.

“Kami juga tidak mau salah langkah dalam pengembangan bukit Pamoyanan ke depan, karenanya kami berkonsultasi dengan pihak yang sudah berpengalaman. Beberapa waktu lalu mereka sudah meninjau ke sini,” ujarnya.

Adim mengatakan, pihaknya juga telah melakukan studi banding ke lokasi wisata yang serupa dengan bukit Pamoyanan di Sukabumi.

“Ada beberapa hal yang kita pelajari di sana, sekarang tengah dikaji bersama konsultan apakah bisa yang ada di Sukabumi diterapkan juga di Pamoyanan,” katanya.

Keberadaan destinasi bukit Pamoyanan telah menjadi penggerak ekonomi bagi sebagian warga desa Kawungluwuk, diantaranya bagi warga yang membuka warung-warung di sana. Selain itu sebagian anak muda setempat melalui BUMDes juga diberdayakan untuk unit usaha jasa foto bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen dengan berfoto di atas menara berlatarbelakang keindahan hamparan awan di bukit Pamoyanan.

Destinasi wisata bukit Pamoyanan mulai populer kembali sejak medio 2017, sejak foto dan video keindahan alamnya diunggah melalui media sosial KOTASUBANG.com