Diskusi Madesu Jilid II ; Pendidikan di Subang Bermasalah

KOTASUBANG.com, Subang – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Koalisi Aktivis Muda Subang kembali menggelar diskusi bertajuk Madesu, di kampus 1 Universitas Subang, Sabtu (20/7/2019). Diskusi ini merupakan lanjutan diskusi yang di gelar sepekan yang lalu.

Diskusi kali ini mengambil tema pendidikan menyambut pendudukan, membahas kesiapan dunia pendidikan Subang menyambut industrialisasi dan hadirnya pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang.

Jalannya diskusi berlangsung menarik, alih-alih membicarakan konsep pendidikan yang relevan dalam rangka Subang kedepan menyambut industrialisasi, dari diskusi tersebut peserta diskusi membeberkan fakta bahwa pendidikan dasar di Kabupaten Subang juga masih carut marut.

Asep Millenium sebagai pemandu diskusi tersebut mencatat beberapa point yang di bahas dalam diskusi, diantaranya infrastruktur dan fasilitas sekolah yang jauh dari kata ideal dan cenderung terbengkalai, kemudian adanya fakta kehadiran pegawai dan pengajar yang sangat minim ditempat dimana mereka ditempatkan.

“Selain itu dibahas pula terkait perubahan paradigma pendidikan mengikuti pasar, belum ada tujuan akhir pendidikan untuk kembali. Yang juga jadi sorotan diskusi adalah peran aktif akademisi, kaum pendidik, sekolah tinggi, perguruan tinggi, dan universitas masih dipertanyakan dan masih jauh dari tujuan pendidikan,” ungkapnya.

Menindaklanjuti diskusi terkait pendidikan ini, para peserta diskusi sepakat untuk beraudiensi dengan BP4D dan DPRD Kabupaten Subang untuk mendiskusikan berbagai hal terkait masalah pendidikan di Kabupaten Subang.

Selain itu sesuai kesepakatan pada diskusi sebelumnya, selain masalah pendidikan akan dilaksanakan pula diskusi lanjutan terkait masalah infrastruktur dan industrialisasi di Kabupaten Subang.

Para peserta juga sepekat untuk melakukan survey ke masyarakat terkait berbagai hal yang didiskusikan tersebut.

Dikusi Madesu sudah berlangsung 2 kali dan diikuti oleh puluhan aktivis, mahasiswa dan pemuda yang berasal dari GPII, SAPMA, Pemuda Pancasila, HMI, PMII, Sawala, HIMKAS, IKMAS, FORNAS, IPNU, Mahasiswa STMIK, STIESA, UNSUB, STAI Miftahul Huda, UPI, UNPAD, pemuda dari berbagai daerah dan beragai elemen lainnya.