Macan yang Terkam Warga Subang Itu Akhirnya Dilepasliarkan di Hutan Gunung Ciremai

KOTASUBANG.com, Subang – Masih ingat macan tutul jawa ( Panthera pardus melas) yang diselamatkan dan dievakuasi dari Desa Cimalingping, Kec. Kasomalang, Kab. Subang tanggal 1 Juni 2019 lalu? Ya, Macan tutul jawa bernama Slamet Ramadhan yang sebelumnya sempat dievakuasi dan dirawat di Kebun Binatang Bandung dan di Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga selama lebih dari satu bulan ini, hari ini tanggal 9 Juli 2019 telah menempati habitat barunya di Taman Nasional Gunung Ciremai.

Acara pelepasliaran Slamet Ramadhan yang diliput oleh berbagai media ini, dihadiri oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Kepala Balai TN Gunung Ciremai, perwakilan Pemkab Subang, perwakilan Pemkab Kuningan, Penggiat Konservasi, Lembaga Swadaya Masyarakat, Akademisi, dan masyarakat setempat.

Sebelumnya, TN Gunung Ciremai sendiri dipilih melalui serangkaian diskusi dan koordinasi para pihak, termasuk ahli macan tutul jawa dan penggiat konservasi lainnya. Salah satu alasannya adalah untuk menambah populasi macan tutul jawa di TN Gunung Ciremai.

Kehadiran Slamet Ramadhan yang berjenis kelamin jantan di TN Gunung Ciremai ini diharapkan dapat menjadi pemicu lahirnya generasi baru macan tutul jawa di TN Gunung Ciremai ini.

Akhirnya, selamat berpetualang di rumah barumu Slamet Ramadhan!!!

(Humas BBKSDA kabar)