Inilah Empat Langkah Wujudkan Pemerintahan Subang Jawara Ala Sekda H Aminudin

KOTASUBANG.com, Subang – Sekretaris Daerah (Sekda) Subang yang baru Drs. H. Aminudin, M.Si memiliki 4 langkah besar dalam dalam pembenahan birokrasi guna mewujudkan Subang Jawara. Empat langkah tersebut kata Aminudin akan terealisasi dalam 3 bulan ke depan jika semua ASN bekerja Extraordnary guna mewujudkannya. Keempat langkah tersebut disampaikan Aminudin dalam sambutannya sesaat setelah dilantik menjadi Sekda Subang, Selasa (2/7/2019) di Aula Pemda Subang.

Langkah pertama kata Aminudin, mendorong penerapan sistem merit bagi ASN dengan menerapakan tiga inovasi yaitu merumuskan pola karier ASN, menyempurnakan regulasi standar kompetensi jabatan, penerapan aplikasi sistem penilaian kompetensi dan pola karir ASN.

“Kemudian langkah yang kedua yaitu mewujudkan perencanaan dan penganggaran yang akuntabel dan transparan serta pelaksanaan dan pengawasan pembangunan yang partisipastif. Lima inovasi yang akan saya coba dalam mengimplementasikan langkah ke dua ini, yaitu mengoptimalkan e-budgeting dan e-planing, peningkatan dan pengelolaan keuangan daerah, dan peningkatan sistem dan pembinaan penataausahaan asset daerah,” jelasnya.

Langkah  ketiga lanjut Aminudin, yaitu mendorong penerapan teknologi informasi dalam meningkatan pelayanan publik. Ada 3 solusi atau inovasi yang akan dilakukan yaitu menginventarisir perangkat daerah yang belum menerapkan IT, melakukan analisis tupoksi perangkat daerah yang bisa dikembangkan melaui teknologi informasi dalam memberikan pelayanan publik dan menciptakan Subang Smart City.

“Lalu langkah keempat yaitu mewujudkan ASN kabupaten Subang yang Sidiq, Tabligh, Amanah dan Fathonah atau dalam istilah saya mewujudkan ASN yang berkopetensi STAF,” katanya.

Untuk mewujudkan langkah ini, akan dilakukan penyusunan Perbup tentang kriteria ASN yang berkualifikasi STAF, menerapkan budaya kerja ASN berbasis STAF melalui sosialisasi dan diklat, dan menyelenggarakan program ASN Award setahun sekali.

“Seperti yang di amanatkan Bupati dan Wakil Bupati dalam mewujudkan Subang Jawara butuh kerja extraordinary, oleh karena itu untuk mewujudkan ide gagasan itu saya akan membentuk tim kecil, yang terdiri dari bagian organisasi, bagian hukum, bagian pemerintahan, Diskopminfo, BP4D, BKAD, Inspektorat Daerah dan BKPSDM, sehingga dalam 3 bulan kedepan apa yang saya gagas dapat terealisasi,” tegas Aminudin.

Dirinya berharap hal itu dapat menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah pemerintahan daerah. Aminudin juga berharap adanya masukan dari berbagai pihak baik dari internal pemerintahan maupun dari eksternal di luar pemerintahan.

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here