Ketua SAPMA PP Subang Tutup Sanlat di PonPes Darul Falah

KOTASUBANG.com, Subang – Program pesantren kilat Ramadhan 1440 Hijriyah di ponpes Darul Falah usai sudah. Penutupan gelaran sanlat tersebut dilakukan oleh Ketua Sapma Pemuda Pancasila Kabupaten Subang Wisnu Setia Ramdani, Sabtu, (1/6/2019).

Sanlat tersebut diikuti 57 peserta yang terdiri dari pelajar SD dan SMP se desa Cimanggu dengan pelaksanaan sekitar 21 hari.

Hampir 3 minggu pelaksanaan sanlat, mereka dilatih dengan pelajaran agama oleh para guru agama yang masih muda,”Walaupun cuma sebentar tapi mereka merasa berkesan karena ada kegiatan yang berbeda dengan kebiasaan belajar mereka di rumah, kalau sehari-hari mereka pada belajar di madrasah diniyyah, di pesantren kan menginap jadi sangat berbeda,” ucap Titan Safrudin, panitia kegiatan,

Pimpinan Ponpes Darul Falah Ustadz Ridwan Hartiwan mengatakan pihaknya ingin memberikan ruang berlatih bagi para guru muda, diantaranya mengajar anak-anak kecil di program sanlat.

“Kami harus memberi pengalaman untuk para calon guru, santri kami yang baru tamat harus diberi pengalaman diantarany mengajar anak-anak, karen menurut saya mengajar itu seperti seni, perlu pengalaman dan kaya kreativitas,” ucapnya.

Kedepan dia berharap Ponpes Darul Falah bisa menyusun program dan konsep MDT Plus Pesantren yang memiliki karakter pendidikan Islam bagi anak-anak.

“Kita ingin bangun kampus khusus anak santri diniyyah memadukan program sekolah dan pondok bagi anak-anak, setelah segala sesuatunya dipersiapkan secara matang,” katanya.

Ketua Satuan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila kabupaten Subang, Wishnu Setia Ramdhani memotivasi para santri agar memiliki kemampuan berdaya saing di berbagai bidang.

“SAPMA kabupaten Subang memiliki komisariat di Ponpes Darul Falah yang anggotanya para santri memberikan warna lain bagi kami, penyelenggaraan Sanlat Ramadhan 1440 Hijriyah ini contoh baik yang bisa ditiru siapa saja,” ucapnya.

Acara Penutupan Sanlat Ramadhan ini dihadiri tamu undangan, orangtua santri serta pengurus SAPMA MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Subang serta awak media.