Menegangkan, Evakuasi Macan di Kasomalang Hingga 8 Jam!

KOTASUBANG.com,  Kasomalang – Setelah melalui proses evakuasi selama hampir 8 jam, macan kumbang yang berkeliaran di pemukiman warga kampung Cimalingping, Desa Sindangsari, Kecamatan Kasomalang akhirnya bisa dilumpuhkan dengan cara ditembak bius.

Sebelumnya, pagi hari sekira jam 7 pagi macan yang belum diketahui asal muasalnya ini diburu warga karena berkeliaran di pemukiman. Di kejar warga, macan kumbang hitam tersebut kemudian masuk ke dalam rumah salah satu warga dan terjebak di dalam rumah tersebut.

Warga kemudian menghubungi pihak-pihak terkait untuk mengevakuasi macan tersebut dari dalam rumah. Petugas dari BKSDA,  Kepolisian dan Kebun Binatang Bandung kemudian melakukan evakuasi.

Evakuasi berlangsung lama karena petugas harus menyisir tiap ruangan yang ada di dalam rumah tersebut.

Pukul 15.00 WIB keberadaan macan tersebut baru diketahui di salah satu ruangan. Petugas kemudian menembak macan tersebut dengan tembakan bius.

Pukul 15.30 WIB evakuasi selesai dilaksanakan. Macan tersebut kemudian sementara dibawa ke Polsek Jalancagak untuk selanjutnya akan dibawa ke Kebun Binatang Bandung.

Keberadaan macan tersebut sebenarnya mulai diketahui sejak sehari sebelumnya, namun awalnya warga belum yakin hewan tersebut seekor macan.

“Kemarin sebenarnya sudah kejadian, ada ibu-ibu namanya ibu Juju yang tak sengaja berpapasan. Macan itu kaget lalu mencakar kepala ibu itu hingga harus dijahit hingga 50 jahitan, ” Kata Oni Basuni warga sekitar.

“Pagi hari nya kemudian ada warga yang melihat lagi macan itu kemudian dikejar hingga masuk ke rumah, ” lanjutnya.

Berhasilnya proses evakuasi macan tersebut disambut gembira warga. Ratusan warga yang menyaksikan proses evakuasi bersorak gembira melihat macan tersebut berhasil dilumpuhkan petugas.

Hingga kini masih belum jelas asal muasal kedatangan macan tersebut, pasalnya daerah padat penduduk tersebut tidak terlalu dekat dengan hutan.

“Yah, mungkin bisa jadi dari hutan aul atau pasir helang, tapi jauh kok, ” Pungkas Ono.