Lezat !, 5 Kuliner Khas Subang yang Wajib Dicicipi

KOTASUBANG.com, Subang – Berkunjung ke Subang selain menikmati keindahan alam dan budayanya, jangan lupa untuk mencicipi berbagi kulinernya yang lezat. Berikut beberapa kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Subang. (baca juga : Selain Nanas, Berikut Oleh-oleh Khas Subang yang Keren )

  1. Nasi Timbel

Nasi timbel sebenarnya merupakan kuliner khas pasundan. Nasi berbungkus daun pisang ini ada di berbagai daerah di Jawa Barat. Namun ternyata, nasi timbel memang paling populer di Subang. Ketika berada di kota Subang, nasi timbel dengan mudah ditemui. Ratusan penjual nasi timbel mulai dari rumah makan hingga pedagang-pedagang gerobak di pinggir jalan dengan mudah dapat ditemui di kota Subang, sehingga mungkin pantas berjuluk kota Timbel.

Warga asli Subang yang terbiasa makan nasi timbel kadang suka bingung kalau berkunjung keluar kota karena biasanya sulit mencari tukang timbel, tak semudah di Subang.

Menu nasi timbel di Rumah Makan Bale Desa, Kota Subang

2. Sup ikan

Kabupaten Subang memang terkenal dengan produksi ikan air tawarnya yang melimpah. Ikan air tawar yang dihasilkan di Subang dikenal memiliki cita rasa yang baik jika di masak. Salah satu kuliner yang berasal dari olahan ikan yang patut di coba jika berkunjung ke Subang adalah Sup ikan. Meski tak banyak yang menjualnya, kuliner ini sudah menjadi menu andalan di beberapa Rumah Makan.

Potongan ikan segar dengan bumbu rempah yang pedas dan gurih menggugah selera disajikan dalam konsisi masih panas. Biasanya ikan gurame menjadi favorit dijadikan sup ikan. rumah makan yang menyajikan sup ikan diantaranya Sangkuriang dan Abah di Cijambe. (baca juga : Gurih dan Pedas, Sup Ikan Khas Subang )

Menu Sup Ikan di Rumah Makan Sangkuriang, Cijambe

3. Nasi goreng nanas

Siapa yang tak mengenal Nanas si madu. Buah ini pasti menjadi buruan wisatawan ketika berkunjung ke Subang. Tapi tahukah anda, kini buah nanas selain dapat dinikmati langsung kesegarannya, juga dapat dinikmati dalam bentuk kuliner yang lezat.

Coba saja nasi goreng nanas. Nasi goreng nanas menawarkan cita rasa yang unik. Gurih, manis, segar menyatu sekaligus dilidah. Selain lezat, nasi goreng nanas juga tentunya kaya akan kandungan Vitamin C sehingga menambah lengkap kebutuhan gizi dalam sajian nasi goreng Anda. Yang lebih unik, nasi goreng nanas biasanya disajikan dengan menggunakan potongan buah nanas utuh sebagai wadahnya.

Nasi goreng nanas kini sudah di sajikan dihampir semua hotel besar dan beberapa restoran yang ada di Kabupaten Subang. (baca juga : Nasi Goreng Nanas, Bisa Jadi Ikon Kuliner Khas Subang)

Menu Nasi Goreng Nanas di Restoran Ciater Spa

4. Etong Bakar

Bagi anda penggemar sea food menu ini mungkin bisa dicoba. Ikan laut etong, awalnya dipandang sebelah mata oleh para nelayan karena dianggap kurang enak dikonsumsi. Namun kini ikan etong yang memiliki kulit luar kasar tersebut, telah menjadi menu spesial, dengan rasa khasnya yang menyerupai ayam tanpa duri.

Menu ikan etong bakar ini dengan mudah di temui di warung-warung makan di wilayah pantai utara Subang. Bagi yang tengah berada di Subang kota menu ikan etong bakar ini juga dapat di temuai di Rumah Makan atau warung makan pinggir jalan. (baca juga : Ikan Etong Bakar, Satu Lagi Kuliner Khas Subang)

5. Bubuy Hayam 

Bubuy Hayam Ma Atik, Jl. Suprapto, Gg Kananga, Kota Subang

Satu lagi kuliner yang ngehits di Subang adalah Bubuy Hayam Ma Atik. Kuliner berbahan dasar ayam kampung ini memiliki keunikan dalam hal proses pembuatannya yaitu di bubuy dalam bara sekam selama lebih dari 7 jam. Lamanya proses memasak ini membuat tekstur daging ayamnya menjadi lembut dan bumbunya meresap. Apalagi dibungkus daun pisang  yang ternyata menimbulkan aroma tersendiri. Daun pisang yang sedikit terbakar hingga ke kulit ayamnya memberi aroma khas. Karena keunikannya inilah kuliner ini seringkali diliput oleh berbagai stasiun Televisi. (baca juga : Bubuy Hayam Ma Atik, Cita Rasa Warisan Leluhur)