Ponpes Darul Falah Gelar Wisuda Santri Angkatan XI dan Silatnas Alumni

KOTASUBANG.com, Subang -Ratusan masyarakat yang terdiri jamaah, orang tua dan warga masyarakat sekitar pesantren Darul Falah Desa Cimanggu kecamatan Cisalak menghadiri acara Wisuda Santri angkatan XI dan Silatnas Alumni, Sabtu (4/5/2019). Hadir pula pada kesempatan tersebut H. Dedi Junaedi, mantan Kabid hukum Polda Jabar yang pernah menjadi kandidat Bupati Subang, Pengurus satuan Pemuda Pelajar dan mahasiswa (SAPMA) MPC Pemuda Pancasila  Kabupaten Subang, sejumlah awak media, dan tamu undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Ustad Ridwan Hartiwan mengatakan para alumni harus bisa menjadi agen perubahan di masyarakat, suri tauladan dan pelopor kebaikan.

“Jadilah manusia yang cerdas secara emosional dan intelektual, majulah sebagai agen perubahan di masyarakat membawa masyarakat menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Lebih jauh Ridwan meminta para alumni ponpes darul Falah memanfaatkan semua fasilitas yang dibangun almamater, pemberdayaan masyarakat melalui alumni bisa dilakukan untuk pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas menjahit di Ponpes Darul Falah.

 

 

“Kita tahun ini punya BLK untuk menjahit bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi diantaranya oleh warga alumni pesantren ini ikut memajukan daerah sendiri, mari maju dengan pesantren ini,” katanya.

Dalam prosesi wisuda santri tersebut H. Dedi J didaulat untuk memberikan pembekalan kebangsaan diantaranya memaparkan pentingnya santri memahami 4 pilar kebamgsaan, dia berharap kelak para santri yang menjadi pejabat dan apa saja bisa mengamalkan ilmu yang didapatkan selama mondok di pesantren. Dedi J juga mengajak warga pesantren untuk  melihat perkembangan pesantren yang kini mulai lebih maju tidak kalah dengan pendidikan umum lainnya.

 

“Kami bangga dengan perkembangan dunia pesantren, maka warga juga jangan sungkan untuk memasukkan anak dididik di pondok pesantren, termasuk ke ponpes Darul Falah ini,”Pesantren sekarang tidak kalah dari pendidikan umum, dari pesantren melahirkan banyak pemimpin bangsa maka semoga kedepan banyak pemimpin bangsa yang lahir dari ponpes Darul Falah ini,” ucap Dedi yang menjadi ketua Dewan Pembina Ponpes Darul Falah ini, disambut tepuk tangan.

 

Sementara Pemimpin Pondok Pesantren Darul Falah mengajak warga dan santri serta alumni ponpes Darul Falah mendorong pondok pesantren ke arah yang lebih maju, ikut menjembatani kemajuan pesantren.

“Mari, pondok ini terbuka untuk semua kalangan, apalagi alumni ponpes Darul Falah mari bersama ikut kembali membangun almamaternya, ikut mengajar, membangun hingga memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi Nusa bangsa dan agama,” ucapnya.

Diakhir kegiatan tausiyah disampaikan oleh KH Miftahuddin, Mantan Pemuda pelopor tingkat nasional. KH Miftah merupakan alumni pondok pesantren Al Basyariyah Bandung. Dia berpesan kepada para wisudawan

untuk membekali diri dengan ketaqwaan kepada Alloh SWT, bekal kehidupan yang paling hebat adalah taqwa, kata H. Miftahuddin yang pernah menjadi ketua DKM Daarut Tauhid Bandung ini.