Puncak Acara Festival Kreasi Batik dan Seni Budaya Subang Berlangsung Meriah

KOTASUBANG.com, Subang – Malam puncak kegiatan  Festival Kreasi Batik dan Seni Budaya Subang (FKBSBS) berlangsung meriah. Acara yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Subang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Subang tersebut digelar di Aula Pemkab Subang, Kamis (25/4/2019).

Berbagai penampilan seni budaya seperti angklung dan rampak kendang memukau penonton yang hadir. Acara semakin meriah dengan penampilan fashion show kreasi busana batik Subang dan fashion show dengan produk UMKM Subang.

Ketua OC panitia FKBSBS, Natalia Tan dalam sambutannya mengungkapkan kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari jadi Subang, HUT PHRI sekaligus memperingati hari Kartini.

“Kegiatan ini terdiri dari lomba desain motif batik, lomba wewarnai motif batik subang, lomba kreasi busana batik subang, lomba desain logo, tagline dan cipta lagu pariwisata. Peserta kegiatan ini selain dari Subang juga ada yang berasal dari Bandung, Tangerang Pekalongan dan berbagai kota lainnya. Semoga acara ini dapat menginspirasi kita untuk meningkatkan seni budaya di kabupaten Subang agar lebih dikenal di tingkat nasional,” paparnya.

Ketua PHRI Kabupaten Subang Hj. Ratna Setiawan  dalam sambutannya berharap acara ini bisa menginspirasi para pengrajin batik dan para pegiat seni sehingga akhirnya meningkatkan kreatifitas masyarakat Subang.

“Kedepan kami akan terus bersinegi dan dengan berbagai pihak terkait perkembangan batik dan seni budaya sehingga juga dapat meningkatkan perkembangan pariwisata kabupaten Subang,” ujarnya.

Sementara itu mewakili Yayasan Batik Jawa Barat sekaligus salah satu juri desaian motif batik, Ken Atik, mengungkapkannnya apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Ini luar biasa, Subang sangat giat menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan batik.  Hal ini memperkaya khasanah batik Indonesia, kami menemukan motif-motif yang luar biasa. Kegiatan ini harus terus diselenggarakan karena batik sudah ditetapkan menjadi warisan budaya Indonesia oleh UNESCO,” jelasnya

Apresiasi atas kegiatan ini juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindistrian Kabupaten Subang, H. Rahmat Fatharrahman.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, aktivitas seperti ini memberikan warna positif bagi Kabupaten Subang. Dan melalui kontes batik ini semoga bisa dihasilkan motif-motif batik baru yang mungkin bisa  menjadi referensi bagi pemerintah untuk menentukan seragam batik khas Subang,” ungkapnya.

Keluar sebagai pemenang pada lomba desain batik untuk kategori umum, Yadi Irawan asal Subang dengan motif batik berjudul Sasakala, sedangkan untuk juara pertama kategori pelajar diraih oleh Rona Iffah dengan motif batik berjudul Manggala Pangayom dari Pekalongan..

Untuk juara pertama lomba desain logo diraih oleh Ari Widyanto asal Madiun juara pertama untuk lomba tagline diraih oleh Denanda Radimatan asal Subang. Sementara lomba Cipta lagu Pariwisata diraih oleh Ifadilah Halim asal Subang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here