Memanjakan Lidah dengan Sejuta Kelezatan Khas Tanah Sunda

Cuanki Serayu

Traveling tak lengkap tanpa mencoba kulinernya, apalagi di tanah Sunda. Beragam kelezatan siap memanjakan siapapun yang datang ke sana. Jika belum pernah mendengar termahsyurnya rasa cuanki atau batagor, mungkin kamu perlu segera mencari tiket murah KA Argo Parahyangan dan membuktikan sendiri seperti apa rasanya kuliner di kota Bandung.

Ya, ke Bandung tak melulu belanja atau melihat Gedung Sate dan berjalan-jalan di Braga. Bandung juga tidak hanya tentang Lembang dan lembah-lembah hijau yang asyik dinikmati bersama si dia. Deretan destinasi kuliner Bandung wajib sekali dikunjungi untuk memanjakan lidahmu. Apa saja yang biasanya direkomendasikan warga Bandung untuk wisatawannya?

Cuanki dan Batagor Serayu

Cuanki bukan berasal dari Tiongkok. Apalagi yang direkomendasikan bernama Cuanki dan Batagor Serayu. Inilah tempat makan khas Bandung yang telah famous di Jalan Serayu sejak tahun 1990an. Cuanki sendiri adalah sinonim dari cari uang jalan kaki atau gerobak keliling. Cuanki Serayu sendiri terdiri dari campuran bakso, tahu goreng dan putih, siomay serta batagor sekaligus disajikan dalam satu mangkuk.

Jangan lupa taburan bawang merah goreng dan seledri serta kuah baksonya yang khas beraroma rebusan tulang ikan. Harga seporsi cuanki rata-rata dipatok dua belas ribuan atau delapan ribu untuk yang memesan setengah porsi. Kalau penasaran dengan Cuanki dan Batagor Serayu di Bandung, bukanya mulai pukul 11-8 malam ya.

Mie Kocok Mang Dadeng

Kabar baik buat yang traveling ke Bandung dan disambut hujannya. Ketika dingin menggigit tulang, Mie Kocok Mang Dadeng adalah kuliner yang cocok dimakan dengan sedikit sentuhan pedas sambal yang bikin berkeringat.

Mie Kocok Mang Dadeng sendiri sangat khas citarasanya karena dibuat dari 27 macam bumbu rahasia. Jangan lupa sandingkan dengan kerupuk aci biar lebih lezat dalam mencicipi kuliner mie kocoknya. Mang Dadeng menyediakan pilihan mie kocok spesial dan biasa yang bisa dipesan setengah porsi juga.

Warung Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi’ Oom

Bisa dipesan dalam porsi setengah rupanya jadi ciri khas kuliner di Bandung ya. Unik sekali, seperti tempat berikutnya yang dinamakan Warung Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi’ Oom. Terletak di pusat kota tidak jauh dari Gedung Sate, resto ini menerapkan sistem ambil sendiri sehingga kamu bisa mengatur anggaran penghematan di sini.

Memang, berwisata itu wajib memikirkan berapa pengeluaran dari masing-masing orang agar dapat menikmati lebih banyak kuliner di Bandung. Hemat saja ongkos menuju kota ini dengan memilih tiket murah KA Argo Parahyangan sebagai alternatif transportasi. Untuk urusan akomodasi lainnya, tersedia beberapa pilihan hotel kapsul yang dapat membantumu menekan biaya lebih rendah lagi demi memuaskan lidah berwisata kuliner di Bandung nanti.

Warung Bu Eha

Eksis sejak tahun 1970an, Warung Bu Eha sangat lekat di ingatan karena citarasa maknyusnya. Terletak di Pasar Cihapit, Bu Eha terkenal karena rasanya yang tidak pernah berubah sejak dulu kala, selain karena harganya yang sangat murah. Cocok untuk jadi jujugan backpacker ke Bandung, bukan?

Meski berada di pasar, Bu Eha menjaga kondisi warungnya tetap bersih dan nyaman. Ada nuansa klasik khas rumahan ketika berkunjung mencicipi masakan Bu Eha. Tapi jangan lewat dari jam makan siang agar tidak kehabisan menu andalannya.

Farmhouse Susu Lembang

Ingin makan di tempat sejuk bernuansa pertanian atau di dekat kandang peternakan? Farmhouse Susu Lembang adalah tempat yang tepat untuk kulineran yang berbeda. Konsep tempat wisata ini mengadopsi farmhouse ala Eropa yang ikonik. Terletak di Jalan Raya Lembang, sangat strategis untuk yang ingin berwisata ke daerah ini dalam sehari.

Menariknya, masuk ke Farmhouse Susu Lembang tidak dipungut biaya lho. Tiket masuk yang dibeli dapat ditukarkan dengan welcome drink, jadi impas bukan? Minuman ini dapat disandingkan dengan makanan khasnya yang berupa sosis bakar beraneka rasa. Hmm, lezatnya sudah terasa?

Surabi Waroeng Setiabudi

Jika ingin kulineran yang lebih santai, Surabi Waroeng Setiabudi adalah tempat berikutnya yang wajib dituju. Warung yang menyediakan varian surabi dengan rasa berbeda ini melengkapi petualangan wisatawan dengan harganya yang bersahabat. Murah, enak dan banyak, jangan heran kalau tempat ini selalu penuh pengunjung.

Tapi tenang saja, ada cabang Surabi Waroeng Setiabudi di jalan Cihampelas yang tidak kalah nyamannya untuk menikmati seporsi serabi yang dijual mulai empat ribu rupiah saja. Cukup murah karena kamu masih perlu mampir ke pusat oleh-oleh Bandung seperti Pisang Bollen Kartika Sari, Brownies Prima Rasa dan Bandung Makuta yang wajib dicoba.

Jadi, segeralah mencari info tiket murah KA Argo Parahyangan untuk mendapatkan tanggal keberangkatan paling strategis saat liburan ke Bandung. Naik kereta tentu menjadi pilihan utama daripada terjebak di kemacetan panjang orang Jakarta setiap waktu liburan tiba. Jadilah yang paling cepat tiba di kota Bandung agar tidak kehabisan makanan di rekomendasi tempat makan khas Sunda ini ya.