Aheng ! Saresehan Budaya dan Pagelaran Seni Buhun di Situs Subang Larang

KOTASUBANG.com, Subang – Dalam rangka program pengelolaan budaya melalui fasilitasi lembaga adat tahun 2019, Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang menggelar Saresehan Budaya dan Pagelaran Seni Buhun yang digelar 23-24 April 2019 di Situs Nay Subang Larang, Desa Nanggerang, Binong, Subang.

Berbagai acara akan digelar dalam kegiatan tersebut, hari pertama 23 April 2019 akan diselenggarakan Pagelaran Wayang kulit mulai pukul 19.30 WIB.

Kemudian pada hari ke-dua akan diselenggarakan pagelaran seni buhun mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai yang akan menampilkan seni Sisingaan, Gembyung, Tutunggulan, Genjring Bonyok, Tayub dan Pantun.

Selanjutnya pada malam hari akan digelar saresehan budaya yang merupakan silaturahmi akbar tokoh adat, pegiat budaya, seniman dan pemerintahan.

Kasi Cagar Budaya dan Kepurbakalaan Disdikbud Subang Rudi N Taufik mengatakan, dalam saresehan budaya tersebut diundang sebanyak 75 orang tokoh adat, pegiat budaya, seniman dan pemerintahan.

“Mereka ini diundang untuk membicarakan apa dan bagaimana sebenarnya jati diri Subang itu. ┬áIntinya saresehan budaya untuk mengenal jati diri Subang atau orang Subang, bagaimana pola pikir, pola sikap dan pola tindaknya. Kemudian, apa yang dibicarakan ini akan dirumuskan oleh tim perumus,” ungkapnya.

Sebagai penutup akan diselenggarakan rampak dalang wayang golek semalam suntuk.