Bupati Subang Launching Jawara Niaga Bari Ngawuduk

KOTASUBANG.com, Subang – Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, S.Si, MM Melaunching Kegiatan UMKM Jawara Niaga Bari Ngawuduk (Ngawangun Dunia Usaha Kreatif) menuju Subang Jawara bertempat di Lembah Gunung Kujang, Rabu (27/02/2019).

Acara tersebut turut dihadiri oleh  Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Prov. Jabar Drs. H. Dudi Sudrajat Abdurahim, MT, Unsur Forkopimda Kab. Subang, Kadis DKUPP Kab. Subang, Para Perangkat Daerah se-Kab. Subang, Para Camat se-Kab. Subang, Kepala BPN, Kepala Cabang BRI, BJB, BNI, Kapolsek Kec. Cijambe, Kepala Kemenag Kab. Subang, Ketua MUI Kec, Cijambe, Dekan beserta jajaran Universitas Subang, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda Kec. Cijambe.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kab. Subang Drs. H. Rahmat Faturahman, M.Si dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih dan menyambut baik  atas diselenggarakannya program 100 hari bupati dan wakil bupati Subang dengan slogan Subang Jawara ( jaya, istimewa dan sejahtera). Seiring dengan kebijakan bupati dan wakil bupati Subang perkembangan pembangunan Kab. Subang dengan adanya jalan tol cipali dan pelabuhan patimban menjadikan peluang perkembangan usaha bagi para UMKM, sehingga perlu adanya dorongan dari pemerintah daerah untuk memfasilitasi sarana dan prasarana bagi para pelaku usaha diantaranya adanya sentra penjualan produk-produk UMKM unggulan, pembangunan sistem resi gudang (SRG) untuk komoditas kopi Subang.

Dalam kesempatan ini diberikan bantuan bagi para  UMKM yaitu penyerahan bantuan alat membatik dan pengolahan serat nanas kepada 15 orang berupa alat cetak batik, kain prima, loyang cap, lilin malam, pewarna batik, canting, ketel, kompor, wajan, dan alat cetak batik serta alat cap batik,  Penyerahan Sertifikat halal untuk 40 pelaku UMKM dan 10 IKM Kab. Subang, Penyerahan sertifikat hak atas tanah program lintas sektoral untuk 400 bidang pelaku UMKM Kab. Subang, penyerahan kredit usaha rakyat (KUR) Kepada pelaku UMKM Kab. Subang.

Dalam sambutannya Bupati Subang menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kab. Subang yang telah membantu dan memfasilitasi 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati untuk mewujudkan Subang Jawara niaga melalui ngawuduk (ngawangun dunia usaha kreatif) bagi UMKM.

“Ada 3 peran UMKM yang sangat penting dalam kehidupan dimasyarakat kecil, yang pertama sebagai sarana mengentaskan masyarakat kecil dari jurang kemiskinan., Penyerapan tenaga kerja oleh UMKM sangat tinggi. Kedua adalah pemerataan ekonomi masyarakat, ketiga memberikan pemasukan bagi negara dalam bentuk devisa,” katanya.

Saat ini  Indonesia sangat maju pangsa pasarnya tidak hanya nasional tapi juga internasional. Untuk itu pemberian pelatihan maupun bimbingan serta bantuan modal usaha adalah upaya kita untuk memajukan UMKM, sehingga nantinya akan bermunculan pengusaha-pengusaha kecil yang kreatif, inovatif dan mampu bersaing dengan dunia usaha lainnya.

“Perhatian yang tinggi yang diberikan kepada para pelaku UMKM tersebut tidak lain sebagai wujud pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat kecil apalagi UMKM mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat di sektor bawah. Kemajuan teknologi informasi yang telah berkembang pesat, UMKM juga harus memanfaatkannya secara optimal sehingga area pemasaran menjadi tidak terbatas yang ujungnya dapat mempercepat pertumbuhan dan kinerja usaha UMKM,” katanya.

Launching kegiatan UMKM Jawara Niaga bari ngawuduk (ngawangun dunia usaha kreatif)  ditandai dengan membatik cap dan menenun kain dari bahan serat nanas didampingi oleh wakil bupati, kepala dinas koperasi dan usaha kecil prov. jabar, jajaran forkopimda Kab. Subang dan dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran gelar produk UMKM Kab. Subang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here