Hj. Yoyoh Ruhimat Lantik Kepengurusan Dekranasda Subang 2018-2023

KOTASUBANG.com, Subang –  Ketua Dekranasda Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Ruhimat hari ini, Senin (25/2/19) melantik Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Subang periode tahun 2018-2023 di Aula Pemda Subang.

Pengurus Dekranasda yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Nomor : 05/SK/Dekranasda/II/2019 tentang Pengesahan Pemberhentian dan Pengangkatan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Subang Periode tahun 2018-2023.

Ketua Dekranasda Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Ruhimat dalam sambutannya berharap dengan dilantiknya kepengurusan Dekranasda Kabupaten Subang dapat menuangkan bentuk-bentuk program-program yang kongkrit dan nyata.

“Diantaranya peningkatan kemampuan pengrajin yang berdaya saing, dapat membina dan mengembangkan produk kerajinan di Kabupaten Subang yang berdaya saing dan berkualitas, mengembangkan inovasi dan kreatifitas kerajinan yang berbasisi tradisi dan budaya, menumbuhkan wira usaha, memfasilitasi pengrajin untuk perlindungan hak cipta, merek dan desain, membantu promosi/publikasi pengrajin dan memfasilitasi kepada pengrajin dalam rangka akses pembiayaan,” jelasnya.

Dalam sambutannya Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si menyampaikan bahwa Kabupaten Subang merupakan bagian dari wilayah Jawa Barat yang memiliki aneka ragam adat istiadat serta seni budaya dan bahasa yang khas yang merupakan sumber untuk tumbuh dan berkembangnya kreativitas.

“Kabupaten Subang memiliki program Jawara Niaga dengan harapan program tersebut dapat membangkitkan semua potensi kerajinan yang ada di Kabupaten Subang dengan cara pembinaan dan peningkatan kualitas dengan memperhatikan daya saing produk yang berbasis kearifan lokal dengan selera global,” katanya.

Bupati Subang juga berharap dengan keberadaan Dekranasda Kabupaten Subang dapat menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa serta membina penemuan dan penggunaan teknologi baru, menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni kerajinan bagi kehidupan sehari-hari, memperhatikan, memperjuangkan kepentingan pengrajin dan peminat dengan mendorong semangat kewirausahaan, memberikan masukan kepada pemerintah daerah dalam rangka perumusan program, pembinaan dan pengembangan industri kerajinan, meningkatkan kualitas dan kreativitas pengrajin dalam rangka data saing produk kerajinan dan mempromosikan produk hasil kerajinan dalam rangka perluasan pangsa pasar dalam dan luar negeri.

“Selamat kepada pengurus Dekranasda yang baru dilantik periode 2018-2023, saya percaya komposisi pengurus dekranasda ini terdiri dari berbagai komponen yang terdiri dari birokrat, pelaku usaha dan PHRI serta organisasi dan asosiasi pengusaha pengrajin akan dapat meningkatkan semangat dan motivasi dalam memajukan para pengrajin di Kabupaten Subang sehingga kita mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab”, pungkas Bupati Subang.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua Sekretaris III Dekranasda Prov. Jabar, Wakil Bupati Subang, Pj. Sekda Subang, Ketua Dekranasda Subang, para Asda, para kepala OPD, para Camat, para Kabag, pimpinan BUMN/D, pimpinan perbankan, pengrajin/UMKM Kab. Subang dan pengurus Dekranasd Kab. Subang.