Nasi Goreng Nanas Bisa Jadi Ikon Kuliner Khas Subang

Nasi goreng nanas yang disajikan di Ciater Spa Resort

KOTASUBANG.com, Subang – Subang memang sudah terkenal dengan buah nanas si madunya. Dari buah nanas, masyarakat kemudian mengolahnya menjadi berbagai penganan yang menjadi buah tangan khas Subang. Sebut saja, dodol nanas, keripik nanas kerupuk nanas, cake nanas hingga jus nanas yang menyegarkan.

Selain dijadikan makanan ringan, nanas juga dijadikan bahan kuliner yang bisa di jadikan salah satu ikon kuliner khas Subang yaitu nasi goreng nanas. Nasi goreng nanas kini sudah di sajikan dihampir semua hotel besar dan beberapa restoran yang ada di Kabupaten Subang.

Nasi goreng nanas menawarkan cita rasa yang unik. Gurih, manis, segar menyatu sekaligus dilidah. Selain lezat, nasi goreng nanas juga tentunya kaya akan kandungan Vitamin C sehingga menambah lengkap kebutuhan gizi dalam sajian nasi goreng Anda.

Yang lebih unik, nasi goreng nanas biasanya disajikan dengan menggunakan potongan buah nanas utuh sebagai wadahnya. Buah nanas si madu yang ukurannya besar-besar sangat cocok dijadikan wadah nasi goreng setelah isi nanasnya dikeluarkan.

Meskipun lebih dulu dikenal di Thailand, dengan keunikannya, nasi goreng nanas juga bisa saja menjadi salah satu ikon kuliner khas Subang.

 

Bagi Anda yang mau mencoba mebuat nasi goreng nanas di rumah berikut cara membuatnya dikutip dari Tribun News.

Bahan :

Nasi satu piring; seperempat nanas yang sudah dikupas, potong dadu; 3 siung bawang merah, iris tipis; 2 siung bawang putih, cincang dan geprak; sebutir telor kocok; kacang polong sejumput ; 2 cabai merah/hijau, iris serong; kismis dan kacang mete sesuai selera; 4 udang segar (opsional); 2 batang daun bawang, potong kecil-kecil; 1 sendok makan kaldu ayam; 2 sendok makan kecap; 2 sendok teh bubuk kari; 2 sendok teh merica bubuk; gula dan garam secukupnya; minyak goreng.

Cara membuat :
1. Campurkan sedikit minyak goreng ke dalam nasi. Aduk dan ratakan hingga tercampur semuanya. Usahakan sampai tak ada nasi yang menggumpal.

2. Goreng telur dan acak-acak saat masih di wajan panas. Sisihkan

3. Tumis irisan bawang merah dan putih dengan cabe sampai beraroma harum. Selanjutnya campurkan kaldu ayam, bubuk kari, gula, dan garam secukupnya. Masukan udang dan telur acak-acak, daun bawang disusul kecap.

4. Selanjutnya, jika Anda jadi pakai kacang mete, campurkan lalu aduk. Berikutnya masukkan nasi. Aduk hingga rata.

5. Tunggu beberapa saat, setelah itu masukkan kacang polong, kismis, dan nanas. Aduk rata dan tunggu hingga semua menyatu.

6. Sajikan nasi goreng diatas buah nanas yang sudah dikeluarkan isinya.