Tawarkan Modal Usaha dengan Bunga Rendah, Kini POLI LPDB Hadir di PLUT Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Guna lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses  penambahan modal usaha dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM), kini LPDB membuka Pojok Layanan Informasi LPDB (POLI LPDB) di gedung PLUT KUMKM Kabupaten Subang. Poli LPDB yang terletak di Gedung PLUT KUMKM Subang, jalan KS Tubun nomor 40 tersebut mulai beroperasi 1 Februari 2019.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Subang Drs. H. Rahmat Fathurahman, M.Si mengajak masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan POLI-LPDB tersebut.

“Silahkan bagi UMKM dan Koperasi yang membutuhkan informasi penambahan modal untuk memanfaatkan keberadaan Poli-LPDB di PLUT. Untuk pengurusan persyaratan dan sebagainya nanti dibantu oleh pendamping PLUT di sana,” katanya.

Kepala UPTD PLUT KUMKM Subang, H. Susani M. Syafrudin mengatakan hadirnya POLI LPDB di PLUT merupakan hasil kesepakatan sinergitas antara LPDB dan PLUT. Saat ini di Indonesia telah ada 13 POLI LPDB di PLUT KUMKM dan salah satunya di PLUT KUMKM Subang.

Menurut pendamping PLUT KUMKM Subang bidang Pembiayaan, Dian Herdiana, hadirnya POLI-LPDB di PLUT KUMKM Subang, diharapkan dapat menepis anggapan masyarakat bahwa LPDB sulit diakses oleh pelaku usaha khususnya koperasi.

“LPDB merupakan  lembaga di bawah Kementerian Koperasi dan UKM sebagai pengelola dana bergulir untuk pembiayaan KUMKM antara lain berupa pinjaman dan bentuk pembiayaan lainnya sesuai dengan kebutuhan koperasi dan UMKM,” katanya.

Dijelaskan Dian, LPDB memiliki 2 jenis tarif layanan yaitu kovensional dan syariah. Suku bunga LPDB konvensional meliputi program nawacita 4,5 persen (pertanian, perikanan, perkebunan), sektor riil 5 persen (KUMKM sektor manufaktur, kerajinan, industri kreatif), simpan pinjam 7 persen (koperasi simpan pinjam, LKB, LKBB dan BLUD) dan untuk pembiayaan syariah,  yaitu bagi hasil maksimal 60:40 (KSPPS/USPPS, LKB Syariah, LKBB Syariah). Sementara itu untuk jangka waktu pemanfaatan dana bergulir LPDB untuk modal kerja mencapai 3 sampai 5 tahun dan untuk investasi 5 sampai 10 tahun.

“Syarat pengajuan pinjaman dana bergulir oleh koperasi, diantaranya membuat surat permohonan, proposal, memiliki akta pendirian dan pengesahan, laporan keuangan yang jelas, laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan legalitas koperasi, pengurus, pengawas dan pengelola. Sedangkan syarat bagi UMKM dan Lembaga Keuangan Bank (LKB) atau Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) hampir sama dengan koperasi, yang berbeda adalah UMKM dan LKB atau LKBB,  tanpa disertai laporan RAT,” jelas Dian.

“Untuk informasi lebih jelas bagi koperasi dan UKM silahkan mendatangi POLI LPDB di PLUT KUMKM Subang, jalan KS Tubun No.40, Subang, atau hubungi nomor Wasap 0899 8186 551 atau no telepon di 0852 2440 4469” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here