KASEP Cabut Permohonan Sengketa Pemilukada Kabupaten Subang di MK

Agus Masykur Rosyadi -  Asep R Dimyati

Agus Masykur Rosyadi – Asep R Dimyati

Sidang pertama Sengketa Pemilukada Kabupaten Subang yang sedianya beragendakan pemeriksaan pendahuluan, berganti menjadi pembacaan surat pencabutan dari Pemohon oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) M. Akil Mochtar Rabu, 25 September 2013.

Akil mengatakan, bahwa pada sidang hari ini tidak dihadiri oleh Pemohon, namun ada surat pencabutan atas sengketa ini tertanggal 13 September 2013 dan diterima oleh Kepaniteraan pada Jumat, 20 September 2013, pukul 08.13.

Sebelumnya, perkara ini diajukan oleh Agus Masykur dan Asep Rochman, pasangan calon nomor urut 1, registrasi nomor 118/PHPU.D-XI/2013. Pada intinya, Pemohon meminta dilakukan pemungutan suara ulang karena telah terjadi berbagai kecurangan selama Pemilukada.

Dalam pokok permohonannya, Pemohon menyebutkan, adanya kecurangan yang bersifat sistematis, terstruktur dan masif yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilukada, birokrasi dan oleh pasangan nomor urut 4.

Pemohon juga mendalilkan bahwa penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara oleh KPU Kabupaten Subang dihasilkan dari suatu proses Pemilukada yang bertentangan dengan asas Pemilu yang langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil. Selanjutnya, Pemohon juga mendalilkan Termohon telah berpihak kepada incumbent. (MK)