Program 100 Hari Kerja, Pemkab Subang Komitmen Selamatkan DAS Cipunagara

KOTASUBANG.com, Subang– Dalam rangka program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Subang, hari ini Kamis (3/1/19) dilaksanakan Launching penanaman pohon daerah konservasi di desa Cibeusi kecamatan Ciater.

Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si dalam sambutannya menjelaskan tentang sumber daya alam dan saluran yang bersumber dari mata air di Kabupaten Subang sudah mulai terkontaminasi karena alih fungsi lahan sehingga mengancam kelestarian lingkungan. 

“Maka dengan kegiatan gerakan peningkatan kepedulian terhadap lingkungan ini akan menjadi kekuatan bagi kita semua untuk saling menjaganya. Untuk menjaga kualitas air maka selaku mahluk yang sangat rentan melakukan pencemaran terhadap air maka kita harus sadar akan lingkungan agar tetap baik. Mari bersama kita jaga lingkungan agar tetap dapat kita nikmati dan demi anak cucu di hari kemudian, “katanya.

Desa Cibeusi menjadi salah satu wilayah daerah konservasi untuk direvitalisasi melalui penanaman pohon dan penguatan ruang terbuka hijau serta saluran air yang bebas sampah untuk menyelamatkan dari kerusakan lingkungan.

“Mari kita tumbuh kembangkan kader-kader penggiat lingkungan diseluruh desa dan kelurahan yang didukung oleh anggaran sesuai kebutuhan,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Subang menghimbau masyarakat agar disetiap jalan dan geang menanamkan hanjuang. Hanjuang kata Bupati memiliki filosofi, yang berarti hayu urang berjuang ditandai dengan hanjuang merah, yang berarti kemenangan.

Pada acara kegiatan tersebut diserahkan 500 pohon produksi simbolis kepada Kades Cibeusi, 1unit cator kepada Kades Curug Rendeng, piagam penghargaan proklim terbaik tk. Nasional kepada Kades Curugrendeng, piagam penghargaan hasta karya juara 2 tk provinsi Jabat.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati Subang, Wakil Bupati Subang dan tamu undangan menandatangani komitmen bersama penyelamatan hulu DAS Cipunagara dilanjutkan dengan penanaman pohon disekitaran wilayah wisata Curug Ciangin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here