Banceuy Festival 2018 Berlangsung Meriah

KOTASUBANG.com, Subang – Setelah beberapa bulan lalu kampung adat Banceuy, Sanca, Kecamatan Ciater menggelar ritual ruwatan bumi, kini kampung Adat Banceuy kembali menggelar gelaran budaya dalam Banceuy Festival 2018 yang berlangsung 25 November 2018.

Acara tersebut berlangsung meriah, dimulai dengan tari sambutan “Mapag” yang dipersembahkan sebagai sambutan untuk para pengunjung. Kemudian ditampilkan berbagai kesenian lainnya seperti kesenian Celempung, Gembyung, Dogdog, Durkeung, Kowengkang dan Tutunggulan.

Kemudian dilaksanakan pula upacara adat “Ritual Tawasulan” di tiga titik yaitu di tengah kampung dan di makam sesepuh kampung. Hal ini dimaksudkan untuk berdoa kepada Tuhan atas kelancaran seluruh aktivitas masyarakat Kampung Adat Banceuy yang dipimpin oleh seluruh sesepuh Banceuy.

Pada festival bertema “Ngariksa Alam jeung Budaya Ngaliwatan Pariwisata” ini juga ditampilkan berbagai penganan tradisional seperti ranginang, opak, kue satu dan yang paling khas yaitu sambal papagan dan sambal tongtolang.

Selain disuguhkan berbagai kuliner dan kesenian khas Banceuy, pengunjung juga diajak untuk melihat obyek wisata baru yang tengah dikembangkan yaitu Leuwi Lawang. Berupa 2 tebing batu raksasa yang mengapit aliran sungai sehingga membentuk seperti lawang (gapura). Pengunjung bisa berfoto di tengah 2 batu raksasa yang mengapit tersebut.

Kegiatan festival Banceuy ini terselenggara atas dukungan PT Tirta Investama AQUA Plant Subang sebagai tanggung jawab sosial perusahaan bekerja sama dengan PKPU Human Initiative Jawa Barat yang menjadi pelaksana lapangan dengan fokus terhadap pengembangan sumber daya manusia.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here