Pekan Teknologi Tepat Guna LIPI Subang Kembali Digelar

KOTASUBANG.com, Subang – Pekan Teknologi Tepat Guna LIPI Subang kembali di gelar Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPTTG LIPI) Kabupaten Subang. Pembukaan Pekan Teknologi Tepat Guna LIPI Subang tahun 2018 tersebut dilaksanakan Senin (12/11/2018), di Aula PPTTG LIPI Subang. Berbagai kegiatan digelar dalam open house yang akan dilaksanakan hingga tanggal 16 November 2018 mendatang, diantaranya Bimbingan Teknis Teknologi Tepat Guna, Bimbingan bagi kelompok Ilmiah Remaja, Demo Teknologi Tepat Guna, Temu Bisnis, Pojok Konsultasi dan Pameran.

Kepala PPTTG LIPI Kabupaten Subang Pramono Nugroho disela-sela acara pembukaan Pekan Teknologi Tepat Guna LIPI mengatakan,  PPTTG-LIPI Kabupaten Subang terus mendorong pelaku UKM untuk memanfaatkan teknologi sehingga bisa bersaing dengan produk UKM lainnya.

“Subang potensinya luar biasa. Maka dari itu mari kita bersinergi bersama, bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan, kita siap,” katanya.

Menurut Pramono saat ini sudah banyak pelaku UKM yang sudah mendapatkan bimbingan dari LIPI. Mereka didorong untuk menciptakan produk yang berkualitas, tentunya dengan teknologi yang dimiliki LIPI.

Saat ini menurut Pramono, ada sekitar 54 peneliti LIPI, dari jumlah tersebut sekitar 16 sedang tugas belajar. Ada yang di Jepang, Amerika, Thailand, dan ITB. “Nanti jiga yang mau berkonsultasi dengan LIPI masyarakat bisa mendapatkan bimbingan dengan para peneliti tersebut,” katanya.

Selain bermitra dengan masyarakat untuk mengembangkan potensi produk melalui teknologi, LIPI juga bersinergi dengan PLUT KUMKM Subang.

“Iya, kita juga besinergi dengan PLUT, intinya saling mengisi. Dan saling membantu, jika masyarakat membaurkan kita siap,” katanya.

Saat ini LIPI tengah fokus mengembangkan teknologi untuk meningkatkan produk pangan. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan gizi masyarakat.

“Saat ini fokus kita ke pangan fungsional, seperti pisang ubi, dan beberapa produk lokal yang kita kembangkan untuk menekan angka stunting di Subang yang jumlahnya cukup banyak,” katanya.

Untuk masyarakat yang ingin berkonsultasi, PPTTG-LIPI Subang memiliki pelayanan satu pintu selama jam kerja.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here