Ubi Kayu Unggulan Hasil Penelitian LIPI di Tanam di Subang

KOTASUBANG, Subang –  Ubi kayu unggul hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI) ditanam di kabupaten Subang. Uji coba budidaya/pengujian bibit unggul ubi kayu LIPI yang berjumlah 12 jenis tersebut ditanam dengan lokasi penanaman yaitu di  Desa Palasari 2800 m,  Desa Cijengkol 1 Ha dan  Desa Sagalaherang 2 Ha.

Kamis (8/11/2018) telah dilakukan acara panen dan tanam ubi kayu unggulan tersebut di desa Palasari kecamatan Ciater. Kegiatan tersebut di awali dengan panen bersama dan penyerahan bibit. Deputi ilmu pengetahuan hayati LIPI, menyerahkan 5 jenis bibit ubi kayu hasil penelitian puslit bioteknologi  kepada PLt Bupati Subang Ating Rusnatim. Bibit yang diserahkan saat ini berjumlah 5 jenis yaitu 2 jenis varietas terdaftar yaitu carvita 25, revita RV 1 dan 3 jenis  klon hasil seleksi yaitu menti, kristal merah, dan mentega 2.

Dalam sambutannya Plt. Bupati Subang mengapresiasi pelaksanaan sinergi pemanfaatan hasil riset untuk meningkatkan potensi sumber daya lokal Kabupaten Subang khususnya ubi kayu dengan bibit yang unggul sampai dengan pengolahan pasca panen di sentra produksi kabupaten Subang.

“Melalui kegiatan panen bersama ubi kayu diharapkan para anggota kelompok tani beserta pemerintah desa dapat memanfaatkan apa yang telah dikerjakan saat ini. Hal ini menunjukan bersinerginya warga masyarakat dan pihak pihak terkait khususnya puslit bioteknologi.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatangan kesepakatan  bersama antara pemerintah daerah Kabupaten Subang dengan deputi bidang ilmu pengetahuan hayati Indonesia  Nomor  521.224/NK. 45-Distan/2018, Nomor 066/KS/IPH-LIPI/XI/2018 tentang implementasi Iptek budidaya ubi kayu unggul. Setelah penandatangan dilanjutkan serah terima plakat cendera mata antara Plt. Bupati Subang dengan deputi bidang hayati Indonesia.

Acara dihadiri oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati, Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi, Kepala Pusat Inovasi, Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna, Kepala Biro Kerjasana, Hukum dan Humas, Kepala Balai Informasi Teknoligi, Direktur PT Agrojabar SITH ITB, Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan, Kabag Ekonomi, para Camat serta tamu undangan.

Berita Terkait: