Serunya Panen Buah Naga di Kebun Indonesia Berdaya, Cirangkong, Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Buah naga. Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini kini sudah dibudidayakan diberbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Di Subang ternyata juga ada kebun yang sudah membudidayakan buah yang dianggap pembawa keberuntungan ini. Salah satunya kebun buah naga Indonesia Berdaya, di desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe.

Tanggal 27-30 Oktober lalu kebun buah naga binaan Dompet Dhuafa ini menggelar panen raya. Pada panen raya tersebut wisatawan bisa memetik sendiri buah naga dari pohonnya untuk kemudian ditimbang. Perkilonya, buah naga ini dihargai Rp. 20.000,-.

Animo masyarakat yang ingin merasakan sensasi panen buah naga ini ternyata cukup tinggi. Berdasarkan pantauan KOTASUBANG.com, pada hari ke-3 panen raya (Minggu 28/10/2018) buah naga yang belum dipanen sudah tak terlalu banyak.

“Buah naganya tinggal sisa, sudah banyak di panen kemarin,” kata Dendi Giovana, salah seorang pengelola kebun.

Selain berasal dari Subang, pengunjung yang mengikuti panen raya ini juga berasal dari luar kota seperti dari Cikarang dan kota Bekasi. Kebun buah naga ini memang bisa menjadi alternatif untuk wisata keluarga. Di sini anak-anak bisa memperoleh edukasi mengenai tanaman dan menumbuhkan kecintaannya untuk bercocok tanam.

“Bagi yang ingin merasakan sensasi menginap di tengah kebun, kini juga di sini sudah dilengkapi dengan fasilitas homestay untuk wisatawan,” katanya.

Selain ditanami 2 jenis buah naga, yaitu buah naga merah dan putih. Di kebun seluas 8.6 hektar ini juga ditanami nanas khas Subang. Tanaman lain yang dibudidayakan di kebun ini adalah pepaya california, pisang, jambu dan kacang tanah.

Kebun Indonesia Berdaya ini dibangun dengan maksud untuk memberdayakan para petani dan masyarakat tidak mampu di sekitarnya. Kebun ini diberdayakan oleh dana wakaf yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa.

 

Berita Terkait: