Festival 7 Sungai Akan Kembali Digelar di Desa Wisata Cibuluh Akhir Pekan Ini

KOTASUBANG.com, Tanjungsiang – Untuk ketiga kalinya Festival 7 sungai kembali digelar di desa wisata Cibuluh, Tanjungsiang 2 – 4 November 2018. Puncak acara festival yang sudah menjadi festival unggulan Jawa Barat ini akan diselenggarakan tanggal 3 November. Sekitar 6500 orang diperkirakan terlibat atau menghadiri kegiatan yang dipusatkan di nusa Jajaway, desa wisata Cibuluh.

Pada Festival 7 sungai #3 ini materi kegiatan ditekankan pada kegiatan yang berbasis sungai yaitu kegiatan masyarakat yang secara turun temurun dilakukan disungai ditambah  dengan kegiatan kepariwisataan desa.

“Kegiatan tersebut dikelompokkan menjadi kegiatan pemanfaatan sungai yaitu kegiatan mengambil ikan dengan acar dan peralatan tradisional, permainan di sungai seperti papancakan dan icikibung, kreasi baru warga yang berbasis sungai, pasar wisata yaitu penyediaan jasa dan produk pariwisata oleh warga seperti home stay, kuliner, oleh-oleh dan atraksi kesenian,” jelas ketua Panitia Abdul Rohmat.

Kegiatan festival 7 sungai diselenggarakan setiap bulan November. Festival #1 digelar bersamaan dengan ditetapkannya Cibuluh sebagai desa wisata tahun 2016.  Keputusan untuk menetapkan diri sebagai desa wisata didahului oleh kajian yang dilakukan oleh Bale Budaya Bandung sebagai mitra pendamping Bumdes Tarungjaya yang bekerjasama selama 5 tahun (2016-2021).

“Festival 7 sungai pada awalnya digagas oleh Bambang Subarnas (Bale Budaya Bandung) bersama BUMDES Tarungjaya. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai media promosi kepariwisataan desa, sekaligus sebagai media aktivasi sistem kepariwisataan, dan sarana edukasi masyarakat tentang budaya sungai sebagai potensi kepariwisataan,” lanjutnya.

Kedepannya festival ini diharapkan dapat mengimbas untuk mengangkat kepariwisataan khususnya wilayah Subang selatan dan umumnya Jawa Barat.

“Bersyukur pada tahun 2018 ini festival 7 sungai jadi festival unggulan Jawa Barat. Penyelenggaraan tahun 2018 mendapat dukungan penuh dari pemerintah kabupaten Subang melalui Disparpora,” pungkasnya.

Nama festival 7 sungai terinspirasi dari 7 aliran sungai yang mengaliri Desa wisata Cibuluh. Ke 7 sungai tersebut adalah sungai Cipunagara, Cikembang, Cileat, Cikaruncang, Cilandesan, CIteureup dan Sungai Cinyaro.

 

Berita Terkait: