Pesinden Cimahi Juara Festival Sinden Titim Fatimah di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang sukses menggelar Pasanggiri Kepesindenan Titim Fatimah Tingkat Nasional ke-3 di Aula Dayang Sumbi, Sari Ater, Ciater, Subang. Pasanggiri tersebut diikuti oleh belasan sinden senior dari berbagai daerah di Jawa Barat.

Keluar sebagai juara untuk Festival kali ini pesinden Euis Setiawati (Cimahi), diikuti oleh juara kedua Kurnia Daniati (Subang) dan Ai Sumarni (Bandung Barat) sebagai juara ketiga. Kemudian sebagai juara harapan I, II dan III berturut-turut Anisa Agustiani (kota Bandung), Neneng Widayah (Bandung Barat) dan Yuyun Yunengsih (Subang).

Kabid Kebudayaan Disdikbud Subang Didin Mahpudin mengatakan pasanggiri untuk mengenang sang Maestro Sinden asal Subang tersebut telah digelar beberapa kali. Tahun 2002 digelar pasanggiri dan festival Titim Fatimah satatar sunda. Kemudian tahun 2004 dan 2016 digelar pasanggiri dan festival sinden Titim Fatimah tingkat nasional.

“Pasanggiri ini memperebutkan piala bergilir Paguyuban Pasundan dan Piala tetap Bupati Subang,” ujarnya.

Tak terlalu banyak peserta yang berani mengikuti festival bergengsi ini, karena di festival ini nama besar para sinden benar-benar dipertaruhkan. Namun, jika berhasil menjuarai festival ini, tentu saja popularitas pemenangnya akan semakin melambung karena festival Titim Fatimah bisa dianggap sebagai lomba sinden yang paling bergengsi saat ini.

Sebelumnya bidang kebudayaan Disdikbud Subang juga telah menggelar festival sirung sinden piala Cicih Cangkurileung beberapa waktu lalu yang diikuti oleh pelajar dan mahasiswa. Baik Titim Fatimah maupun Cicih Cangkurileung adalah 2 orang maestro sinden asal Subang yang terkenal diseantero Jawa Barat maupun nasional.

Berita Terkait: