Wah ! Ada Bunga Bangkai Tumbuh di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Sebuah bunga bangkai tumbuh di sebuah kebun di RT 01/01 Dusun Dawuan I, Desa Dawuan Kidul, Subang. Pertama ditemukan oleh warga setempat Saeful Anwar (16/10/2018), bunga tersebut memiliki diameter sekitar 60 cm. Kini bunga tersebut sudah layu dan menyusut.

Dari bentuknya, bunga bangkai yang ditemukan di Dawuan berjenis Amorphophallus paeoniifolius atau suweg. Tanaman ini tumbuh di hampir seluruh Asia Tenggara meskipun kini amat jarang ditemukan. Amorphophallus jenis ini lebih sering ditemukan dibanding kerabat dekatnya seperti Amorphophallus titanum (bunga bangkai raksasa) yang merupakan bunga endemik Sumatera.

Selain bunga bangkai di Indonesia juga terdapat bunga Rafflesia, orang Indonesia kadang menyamakan kedua jenis bunga ini padahal merupakan dua tumbuhan berbeda. Rafflesia merupakan keluarga benalu sedangkan bunga bangkai dari keluarga talas-talasan. Bunga Rafflesia yang paling terkenal adalah Rafflesia arnoldii yang juga merupakan tumbuhan parasit endemik Sumatera. Adapun yang tumbuh di kebun raya bogor adalah jenis rafflesia padma, bukan arnoldii.

Berita Terkait: