Hari Batik, PHRI Subang Beri Apresiasi Kepada Pegiat Pengembangan Batik Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Dalam rangka memperingati hari batik, 2 Oktober 2018, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Subang memberikan apresiasi kepada para pegiat pengembangan batik di Kabupaten Subang di Kareumbi Batik, Jalan S. Parman, Subang. Penghargaan tersebut diberikan kepada Mulyana, Susi Kuslani dan Evi Natalya bersama pegiat batik desa wisata Cisaat.

Mulyana adalah owner batik ganasan, memiliki workshop tempat produksi di desa Cicadas, Binong. Dirinya konsisten mengembangkan batik dengan motif khas Subang, dan sudah memperkenalkan batik khas Subang pada berbagai event nasional. Susi Kuslani adalah salah satu owner batik Kareumbi, jalan S. Parman, Subang yang menjual berbagai batik produksi Subang. Sedangkan Evi Natalya salah satu orang yang mendorong pengembangan batik di desa wisata Cisaat, Ciater. Dirinya bersama para karang taruna desa Cisaat telah membangun workshop Rumah Batik Subangsih (RBS) yang baru saja diresmikan bulan lalu.

Ketua PHRI Kabupaten Subang Hj. Ratna Bambang Heryanto mengungkapkan, apresiasi ini diberikan karena kepedulian mereka terhadap pengembangan batik di Kabupaten Subang.

“Saya berharap ke depan batik lebih berkembang di Subang, dan motif batik Subang lebih dikenal lagi,” katanya.

Untuk lebih mempopulerkan lagi batik Subang, PHRI rencananya akan menggelar lomba desain motif batik Subang, tahun depan.

“Kita pernah menyelenggarakan lomba desain batik Subang tahun 2012 lalu, tahun depan Insya Allah kita akan gelar lomba serupa,” ujarnya.

Hj. Ratna Bambang menambahkan PHRI sengaja menggelar peringatan Hari Batik Nasional ini agar masyarakat semakin bangga menggunakan batik terutama batik khas daerah.

“Sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga menggunakan batik sebagai warisan budaya Indonesia,” pungkasnya.

Berita Terkait: