Penuh Keceriaan, Ratusan Anak Ikuti Festival Kaulinan Tradisional Kabupaten Subang

KOTASUBANG.com, SubangKeceriaan tampak pada wajah puluhan anak-anak peserta festival tari kaulinan budak Kabupaten Subang yang digelar bidang Kebudayaan, Disdikbud Subang, Rabu (21/9/2018) di kawasan wisata Sariater, Subang. Dalam keceriaan mereka berusaha memberikan penampilan terbaiknya di hadapan dewan juri.

Tercatat 6 kontingen kecamatan mengikuti festival tari ini. Mereka menampilkan tarian dengan keunikannya masing-masing. Keluar sebagai juara pertama festival ini yakni Kontingen Kecamatan Subang, disusul kontingen Jalancagak, dan Tanjungsiang.

Hari sebelumnya di lokasi yang sama, juga digelar Alimpaido atau olimpiade kaulinan tradisional urang lembur. Sebanyak 20 kontingen mengikuti gelaran acara tersebut. 10 cabang kaulinan diperlombakan, diantaranya engklang, jalan batok, sered upih, galah,sondah, ngadupanggal, gatrik, parepet jengkol, bedil jepret, dan sumpit. Keluar sebagai pemenang pada Alimpiado tahun ini kontingen dari kecamatan Cibogo.

Kadisdikbud Kabupaten Subang, H. Suwarna mengatakan, gelaran Alimpaido ini bertujuan untuk melestarikan kembali budaya permainan anak zaman dahulu.

“Diharapkan melalui alimpaido ini selain mengenalkan permainan anak-anak dahulu, tetapi juga dapat menjadi media pembentukan karakter terhadap anak, seperti sportivitas, kejujuran, rasa semangat, kebersamaan, dan lainnya,” ujarnya.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here