Para Atlet Asian Games Kepincut Produk UKM Khas Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Gelaran Asian Games 2018 sejatinya merupakan berkah bagi Kabupaten Subang yang menjadi venue penyelenggaraan balap sepeda. Bagaimana tidak, selama hampir sepekan bahkan lebih ratusan atlet, official dan panitia penyelenggara Asian Games berada di Subang.

Belum lagi perlombaan balap sepeda yang disiarkan ke seluruh dunia. Subang benar-benar menjadi sorotan dunia. Jika diperhatikan, sang pemandu acara dalam siaran langsungnya seringkali mengomentari segala hal yang dilihatnya, mulai dari antusiasme warga di pinggir jalan hingga apa saja yang dilihatnya, dari banyaknya masjid, gapura dan sebagainya. Hal ini jika benar-benar dimanfaatkan tentunya menjadi ajang promosi untuk Subang ke seluruh dunia.

Hotel-hotel penuh, beberapa tempat kuliner juga diserbu orang-orang asing beberapa hari ini. Satu hal lagi yang ternyata juga dicari para atlet adalah produk-produk UKM khas Subang. Beruntung, Fave Hotel sebagai hotel tempat menginap atlet menyediakan satu booth khusus sehingga produk UKM Subang bisa turut diperkenalkan. Bekerjasama dengan PLUT KUMKM Subang dan DKUPP Subang booth yang terdiri dari 2 meja tersebut diisi mulai dari produk makanan, minuman dan kerajinan termasuk batik Subang.

Isur Suryati, salah satu UKM yang menjaga di booth UKM tersebut mengaku senang produk UKM Subang bisa diperkenalkan kepada para atlet dunia.

“Ada beberapa atlet yang membeli produk UKM, ada yang beli makanan, ada juga yang beli kerajinan seperti wayang si cepot, miniatur ondel-ondel dan lainnya,” ungkapnya.

Salah atu atlet yang membeli produk khas Subang adalah atlet Jepang Fumiyaki Beppu, peraih medali perak pada cabang balap sepeda jalan raya dan perunggu pada cabang balap jalan raya time trial individu (ITT). Ternyata dirinya kepincut dengan batik khas Subang.

“Tak tanggung-tanggung dia beli 3 helai batik Subang,” kata Isur.

Isur dan para UKM lainnya berharap, ke depan para pelaku UKM ini bisa lebih dilibatkan dalam perhelatan semacam ini guna lebih memperkenalkan produk-produk asli masyarakat Subang.

“Kalau sekarang yang saya tahu hanya di Fave, terima kasih Fave sudah memberikan space buat kami,” pungkas Isur.

 

Berita Terkait: