Kembangkan Desa Wisata, Kini Cisaat Miliki Rumah Batik

KOTASUBANG.com, Subang – Desa Cisaat Kecamatan Ciater kini memiliki lokasi workshop tempat pembuatan batik yang diberinama Rumah Produksi Batik Subangsih. Keberadaan rumah batik ini nantinya akan menjadi salah satu destinasi pada kawasan desa wisata Cisaat, Ciater.

Meski baru akan diresmikan awal September nanti, Senin (21/8/18) Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim didampingi Kadisparpora Ahmad Sobari telah mengunjungi rumah batik tersebut.

Plt. Bupati Subang berharap adanya rumah batik ini bisa meningkatkan kembali daya dorong pariwisata di Kabupaten Subang, dan bisa menjadi salah satu tempat yang bisa menginspirasi tempat lain.

“Untuk menjadi tempat wisata ini harus bisa dikelola dengan baik,¬† dengan penuh tanggung jawab, karena bisa saja ini merupakan aset kita untuk melestarikan batik yang hampir punah,”pesan Ating.

Pegiat wisata sekaligus sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kab. Subang Evi Natalia mengatakan, adanya rumah produksi batik ini merupakan langkah dalam mewujudkan cita-cita warga Cisaat untuk menjadi Desa Wisata Ikonik di Kabupaten Subang dengan potensi wisata alam dengan agrowisata dan produk-produk unggulannya.

“Semoga dengan dimulainya Rumah Produksi Batik Khas Subang ini membuka gerbang pariwisata khususnya desa Cisaat dan umumnya Kabupaten Subang,” katanya.

Para pengrajin batik di desa Cisaat ini sudah membuat beragam motif batik khas Subang diantaranya batik ganas, batik papais, batik pare ranggeuy dan batik parahu.

 

Berita Terkait: