Ada yang Berbeda pada Upacara Peringatan HUT RI ke-73 di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Ada yang berbeda dengan pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Subang tahun ini. HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 tidak dilaksanakan di Alun-alun Subang, tapi di lapang Yonif 312 / Kala Hitam Subang, Jum’at (17/8/18)

Pemindahan lokasi upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Subang tahun 2018 ini di karenakan area Alun-alun Subang telah dipersiapkan sebagai lokasi start perlombaan balap sepeda Asian Games. Saat ini lokasi Alun-alun telah dipenuhi tenda-tenda yang dipersiapkan untuk para atlet dan official dari lebih 30 negara peserta Asian Games untuk cabang olahraga Roadrace Balap Sepeda.

Pemindahan lokasi upacara ini tidak mengurangi kekhidmatan jalannya upacara. Bertindak selaku Irup Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim, SE.. Sementara sebagai Danup Kaf. Kal. Edang Wahyu Ramdani (Kasubsi Laboraturiumdinas Logistik Lanud Suryadharma Kalijati).

Upacara tutut dihadiri para Muspida, Sekda, para Asda, Ketua OPD/SKPD, Anggota DPRD, ketua BUMN/D, para camat, veteran, ketua Ormas/OKP, Dharma Wanita, Persit, Bhayangkari, Via Ardya Garini dan tamu undangan lainnya. Sedangkan peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, Damkar, Tagana, Satpol PP, Dishub, Linmas, PNS, Ormas/OKP, PKH Dinsos, mahasiswa dan pelajar.

Dalam upacara tersebut juga turut serta Dr. Faahmiron, SH, M.Hum Kepala Pengadilan Negeri Subang bertugas membacakan Teks Undang-undang Dasar 1945, Pramono Mulyo, SH., M.Hum Kepala Kejaksaan  Negeri Subang membacakan teks Pancasila dan Ketua DPRD membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan.

Dalam amanatnya Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim, SE selaku Irup mengajak kepada semua masyarakat untuk mendoakan para pahlawan kusuma bangsa yang telah mempertaruhkan dengan ikhlas, tenaga, pikiran, harta bahkan nyawa untuk kemerdekaan Republik Indonesia dan kita bisa meneruskan perjuangan para pahlawan dengan mengisi dan melanjutkan cita-cita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Momentum peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, sejatinya merupakan perwujudan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan, sekaligus kesempatan bagi kita untuk mengevaluasi program dan kegiatan pembangunan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena pada hakekatnya, kemerdekaan adalah kebebasan dalam melakukan karya nyata meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945,” ungkapnya.

“Sejalan dengan tema peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, yakni “Kerja Kita Prestasi Bangsa”. Mengingatkan kita semua bahwa untuk mengisi dan melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa dalam menghadapi segala tantangan yang semakin berat ini kuncinya adalah “Kerja Bersama, “Bekerja Sama” Tumbuhkan semangat gotong royong dan kerja nyata untuk mencapai prestasi bangsa, serta siap dalam menghadapi event Asian Games XVIII Tahun 2018,” lanjut Ating.

Ating juga menguucap syukur karena bertepatan dengan peringatan ke-73 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018, Kabupaten Subang dipercaya mendapat kehormatan menjadi salah satu tempat pelaksanaan Asian Games XVIII dan Kabupaten Subang menjadi tempat perlombaan cabang olahraga balap sepeda dan MTB yang rencananya ada 33 negara Asia yang hadir mengikuti lomba yang dilaksanakan mulai 20 – 24 Agustus 2018.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here