Lama Tak Digunakan, Buper Ranggawulung Kembali Dikepung Ribuan Pramuka

KOTASUBANG.com, Subang – Ribuan anggota gerakan Pramuka Penggalang dan Penegak di wilayah Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Subang sejak Minggu (12/8/2018) memadati area bumi perkemahan Ranggawulung, Subang untuk Gema Pramuka ke 48 yang akan berlangsung hingga hari ini, 15 Agustus 2018. Kwarcab Kabupaten Subang Drs. H. Cecep Supriatin,  M. Si, setelah 12 tahun, baru tahun ini bumi perkemahan Ranggawulung difungsikan kembali.

Selasa (14/8/18), di bumi perkemahan Ranggawulung tersebut diselenggarakan Apel besar Hari Jadi Pramuka ke 57 Tahun tingkat Kabupaten Subang dan sekaligus Memperingati Hari Jadi Republik Indonesia ke 73 Tahun. Hadir dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati Subang H. Ating Rusnatim SE.

Dalam kesempatan itu Kwarcab Kabupaten Subang Drs. H. Cecep Supriatin,  M. Si melaporkan tema kegiatan tahun ini mengangkat Semangat Membangun Karakter, Generasi Muda Yang Mandiri, Sebagai Wujud Nyata Berbakti Untuk Negeri, bertujuan untuk mendidik pemuda indonesia pada segala bidang bermental tinggi, tengguh, mandiri,  wawasan kebangsaan, budi pekerti yang luhur dengan menggunakan Prinsip dasar dan metodik kepramukaan.

“Kegiatan gema pramuka ini terpusat dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kabupaten Subang ranggawulung. Sasaran kegiatan ini untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan sikap patriotisme persaudaraan, rasa cinta Nusa dan bangsa. Seluruh peserta gema pramuka dan apel besar tingkat Kabupaten Subang dihadiri sebanyak 2500 orang,” ungkapnya.

Plt Bupati Subang menyampaikan pesan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. “Sebagai anggota Pramuka harus mempunyai dasar pendidikan kepramukaan. Dasa dharma pramuka harus benar benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka  sebagai pedoman bersikap dan berperilaku. Gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa indonesia, tentu harus lebih berperan dalam mendidik generasi milineal dewasa ini,” katanya.

Gerakan pramuka kata Ating, berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter kaum muda indonesia. Gerakan pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuh nya NKRI.

“Khususnya Kepada seluruh orang tua,  guru  menghimbau supaya tidak ragu ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing masing,  mengharapkan kepada seluruh jajaran Pramuka utamanya anggota dewan baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Indonesia yang berkpribadian luhur,  berkarakter,  berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak memiliki jiwa Bela negara dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak,” jelas Ating.

Selanjutnya Plt Bupati Subang memberikan penghargaan Melati, Dharmabhakti dan pancawara dari Kwarnas dan penghargaan peserta Didik Garuda 32 orang,  8 orang siaga,  17 orang penggalang dan 7 orang penegak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here