Warga Terdampak Pembangunan Pelabuhan Patimban Dilatih Kewirausahaan

KOTASUBANG.com, Subang

Pilot Project Program Pemilihan Mata Pencaharian dan Pelatihan Kewirausahan Untuk Warga Terkena Dampak Pembangunan Patimban telah dimulai. Hari ini, Senin (6/8/18) Plt Bupati Subang menghadiri acara pembukaan kegiatan tersebut di Halaman Aula Kecamatan Pusakanagara.

Dirjen Perhubungan Laut Satker Patimban, Bhayu, mengatakan, kegiatan yang disebut LRP ( Livehood Restoration Program) ini ada  15 Program Pelatihan keterampilan dan 1 program Manajemen Keuangan dan Pencaharian Bisnis yang dilaksanakan tahun 2018 s.d 2019 secara bertahap.  Sebelum nya dilaksanakan juga kegiatan Pilot Program / program percobaan di danai oleh Hibah JICA pelaksanaanya terdiri dari 3 tahap program untuk memastikan terhadap 16 program,  diantaranya pengolahan Produk Hasil Laut,  Urban Farming (Bercocok Tanam)  Dengan lahan yang berbatas,  Manajemen Kesehatan Hewan Domba.

“Program ini bekerja sama dengan dinas-dinas dari tingkat kabupaten maupun Provinsi dan di fokuskan pada warga yang terkena dampak seperti  pemilik lahan. Diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemilihan Mata Pencaharian warga yang Terkena Dampak proyek,” katanya.

Camat Pusakanegara Ela Nurlaela berharap seluruh peserta yang mengikuti Pelatihan kegiatan ini bisa dengan seksama mengikuti materi yang diberikan.

“Saya sangat mengharapkan untuk peserta untuk serius mengikuti kegiatan ini sehingga ada manfaatnya untuk warga masyarakat Pusakanagara,” ujarnya.

Seemntara itu Plt Bupati Subang Ating Rusnatim menyampaikan, dengan diadakanya kegiatan ini berharap seluruh pesertanya bisa menerima materi yang disampaikan sehingga dapat bermanfaaat untuk seluruh peserta yang mengikuti.

“Harus yakin Patimban akan berdampak positif yang sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Perubahan ini, jangan sampai masyarakat Pusakanagara tidak bisa menikmatinya manfaatnya,” katanya.

Selanjutnya Plt Bupati Subang membuka acara dan didampingi Camat Pusakanagara ditandai dengan penyerahan Id card peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Asda I, Camat Pusakanegara, Kadis Sosial, Kadis Nakertrans, Kadis UMKM Pada DKUPP,  Kabid Litbang BP4D, Tim Pilot Project,  Para Kabid dan Kabag Lingkup Pemda Subang.

Berita Terkait: