Pelabuhan Patimban Dibangun, Ini Pesan Plt Bupati Subang untuk Institusi Pendidikan

KOTASUBANG.com, Subang – Pelabuhan Internasional Patimban yang akan segera dibangun di Subang menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Pemkab dan warga Subang untuk dapat mengambil manfaat dari keberadaannya. Adanya Pelabuhan Patimban tersebut dan juga bandara BIJB yang tak jauh dari Subang akan mendorong laju intensitas barang dan jasa. Menurut Plt Bupati Subang Ating Rusnatim, tantangan ini harus bisa dijawab oleh praktisi pendidikan dengan penyiapan SDM yang tepat.

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Subang Ating Rusnatim dalam sambutannya pada acara pelantikan mahasiswa baru LP3-SIHI di aula Pemkab, Rabu (1/8/2018).

“Setelah pelabuhan Patimban selesai dibangun yang konon menjadi yang terbesar di Asia tenggara keramaian akan bergerser ke Patimban. Subang akan menjadi pusat kegiatan ekonomi internasional. Kita harus bisa menjawab peluang itu dengan menyiapkan SDM generasi yang sesuai dengan kebutuhan yang ada,” ungkap Ating.

Ating berharap SIHI yang sudah meluluskan para alumni baik yang bekerja di dalam negeri maupun yang tersebar di berbagai negara dapat menjadi salah satu lembaga yang concern dalam pengembangan SDM perhotelan dan kapal pesiar dan bisa dikembangkan lagi disesuaikan dengan peluang yang ada.

“Saya harap SIHI kedepan juga bisa menyiapkan SDM-nya sesuai dengan tuntutan jaman,” ungkapnya.

SIHI sudah berdiri sejak tahun 2004 didirikan oleh alm R. Sutiadji Purnomo dengan nama lembaga pendidikan dan pelatihan Wisakti yang kemudian pada tahun 2006 berubah nama menjadi Subang International Hotel Institute (SIHI). Saat ini LP3-SIHI berlokasi di jalan DI Pandjaitan No 73 Karanganyar, Subang.

Hingga saat ini SIHI sudah meluluskan 14 angkatan dimana lulusan dan alumninya sudah tersebar dan bekerja di beberapa perusahaan kapal pesiar dan hotel di Indonesia dan internasional seperti di Amerika, Jerman, Belanda, Italia, Uni Emirat Arab, Arab Saudi dan beberapa negara lainnya.

Berita Terkait: