Sudah Tradisi, Aksi Penyapu Koin di Jembatan Sewo Sulit Dihentikan

KOTASUBANG.com, Subang –  Sempat dibubarkan oleh tim gabungan yang terdiri dari Kepolisian, Satpol PP, dan Koramil (14/6/2018) lalu karena mengganggu arus mudik, para pemungut uang koin dengan sapu di perbatasan Subang – Indramayu tampak beroperasi kembali, seperti terlihat Senin (18/6/2018).

Dari pantauan senin pagi sekira pukul 7.30 WIB, puluhan penyapu koin di jalan ini telah berjajar di sekitar jembatan Sewo yang memisahkan Kabupaten Subang dan Indramayu. Bahkan ada pula yang membawa serta anak mereka untuk mengemis uang receh tersebut.

Hal ini tentunya sangat membahayakan baik bagi diri mereka sendiri maupun bagi pengendara yang melintas daerah tersebut.

Menurut pengakuan warga seperti dikutip dari Tribunnews, keberadaan penyapu uang di sekitar Jembatan Sewo sudah ada sejak lama dan aktivitasnya berlangsung setiap hari.

Konon, menurut cerita mitos warga setempat, sungai di bawah Jembatan itu dihuni makhluk halus, mulai dari kuntilanak, siluman buaya putih, sampai cerita tentang nyai ronggeng. Tidak jelas mulai kapan kebiasaan sopir melempar uang itu dilakukan. Tapi ada yang bilang sejak zaman Belanda.

“Sopir yang lewat melempar uang supaya nggak diganggu makhluk halus,” katanya.
Darmadi mengaku dari hasil “pekerjaannya” ini dirinya mendapatkan uang sekitar Rp. 30-5 0 ribu perhari, bahkan pada musim meudik lebaran dirinya bisa mendapatkan hingga 100 ribu rupiah.

(Enda)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here