Selain Nanas, Berikut Oleh-oleh Khas Subang yang Keren

KOTASUBANG.com, Subang – Libur lebaran hampir usai, waktunya para pemudik untuk kembali ke perantauan. Sebelum pulang kembali tentunya ada hal yang wajib disiapkan untuk dibawa, yaitu oleh-oleh khas kampung halaman. Nah, bagi wargi yang kampung halamannya Subang tentunya wajib membawa oleh-oleh khas Subang untuk di bagikan kepada sahabat atau kerabat di perantauan. Berikut beberapa oleh-oleh khas Subang yang bisa jadi alternatif pilihan untuk dibawa.

Nanas Subang

Untuk hal yang satu ini tentunya sudah menjadi super wajib, karean memang Subang dikenal dengan kota nanas. Jangan lupa pilih nanas dengan kualitas terbaik buat oleh-olehnya, supaya nanti sahabatnya ketagihan dan jadi ingin berkunjung ke Subang. Nanas Subang dapat diperoleh di jongko (warung) pinggir jalan di sepanjang Ciater – Jalan cagak, atau di jalan Otista sebelum gerbang tol Cilameri, Subang.

Delipel

Kalau terlalu ribet bawa buah nanasnya, wargi bisa menggantinya dengan penganan dari olahan nanas. Salah satu yang memproduksi olahan nanas adalah Delipel. Selain membuat cake nanas dengan beragam toping, Delipel juga membuat nastar, cheese stick, pie, pastry, milky juice yang semuanya berbahan nanas segar. Produk olahan nanas dari Delipel sudah dikemas dengan baik sehingga sangat cocok menjadi oleh-oleh Subang. Toko Delipel Cake terletak di Jalan KH Agus Salim, Gg. Janaka, Subang.

Dodol Nanas

Olahan nanas lainnya yang dapat dijadikan oleh-oleh adalah dodol nanas. Penganan tradisional ini banyak diproduksi oleh para pelaku UKM di daerah Jalan Cagak. Selain dodol ada pula kerupuk nanas dan jus atau sirup nanas. Bagi yang ingin membelinya, dodol nanas dan berbagai olahan nanas tersedia di kios-kios oleh-oleh di daerah Jalancagak.

Bolu Nanas Subang

Bolu nanas Subang  juga bisa jadi pilihan. Bolu dengan selai nanas dan aneka toping ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh. B olu ini diproduksi oleh UKM Chocobos yang memproduksi cokelat nanas yang juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Subang. Untuk pemesanan bisa hubungi 0812 2252 811.

Ranginang

Penganan tradisional ini cocok juga dijadikan buah tangan khas Subang untuk di bawa ke kota. Salah satu UKM yang memproduksi ranginang dengan kualitas terbaik adalah UKM Rizal. Untuk pemesanan bisa hubungi 0853 2252 4531

Abon Ikan Nila

Subang adalah salah satu produsen ikan air tawar di Jawa Barat. Olahan dari ikan tentunya juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Subang. Salah satu diantaranya adalah abon ikan Nila yang diproduksi Dapoer Buaas. Abon ikan nila Buaas sudah dikemas dengan bagus, sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Subang. Dapoer Buaas juga memproduksi kerupuk unik yang berasal dari tulang ikan nila. Untuk pemesanan hubungi 0852 9533 3614

Beras Hitam

Subang juga dikenal dengan pengahsil beras hitam yang istimewa. Di Subang beras hitam dengan kualitas baik hanya tumbuh di desa Cibeusi, kecamatan Ciater, Subang. Keunikan dari beras ini dapat dijadikan oleh-oleh unik dari Subang. Untuk pemesanan beras hitam dengan merk Pituain dapat menghubungi : 0822 4039 4050

Peuyeum Ciruluk

Peuyeum atau tape ketan merupakan salah satu penganan tradisional tanah Pasundan. Meski di beberapa daerah di Jawa Barat juga terdapat peuyeum, namun peuyeum Ciruluk yang diproduksi di desa Ciruluk, Subang ini memiliki keunikan tersendiri. Peuyeum ini dibungkus dengan menggunakan daun muncang (kemiri). Untuk memperoleh peuyeum ini, wargi dapat mengunjungi desa Ciruluk, kecamatan Kalijati, disana sebagian warganya berprofesi sebagi pembuat peuyeum.

Bubuy Hayam

Satu lagi kuliner yang ngehits di Suabng adalah Bubuy Hayam Ma Atik. Kuliner berbahan dasar ayam kampung ini memiliki keunikan dalam hal proses pembuatannya yaitu di bubuy dalam bara sekam selama lebih dari 7 jam. Karena keunikannya inilah kuliner ini seringkali diliput oleh berbagai stasiun Televisi. Untuk pemesanan bubuy hayam Ma Atik, bisa menghubungi : 0821 3931 8876

Oncom Dawuan

Daerah Dawuan, Subang sudah lama terkenal dengan produksi oncomnya yang khas. Oncom yang terbuat dari kacang tanah ini menjadikan oncom Dawuan memiliki kualitas prima berbeda dengan oncom produksi daerah lainnya. Salah satu kios yang menjual oncom Dawuan adalah kios milik bapak Harun yang terletak di jalan Raya Dawuan sekitar 100 meter dari SPBU Sabitha, Dawuan ke arah timur.

Berita Terkait: