Mudik ke Subang, Hal Berikut Paling Bikin Kangen

KOTASUBANG.com, Subang – Mudik, bukan hanya sekedar moment untuk silaturahmi dan melepas kangen dengan keluarga, kerabat dan tetangga. Lebih dari itu, pulang kampung adalah saat dimana segala romantisme dan kerinduan tentang kampung halaman bisa terpuaskan.

Mulai dari tempat favorit hingga kuliner paporit pasti dijugjug ketika mudik demi memuaskan hasrat terpendam yang selalu terbayang selama diperantauan. Sesaat sebelum mudik pasti sudah ada dalam list di otak kita tempat mana saja yang akan dikunjungi dan makanan apa saja yang sudah terbayang-bayang dilidah, kangen untuk dicicipi ketika sudah tiba di kampung halaman. Nah, buat wargi yang mudiknya ke Subang, pasti hal berikut ini bikin kangen.

Timbel Subang

Kalau dipikir di bolak-balik ternyata timbel itu Subang banget. Coba deh pikir lagi, di kota lain, wargi pasti agak susah nemuin tukang timbel. Sedangkan di Subang tukang timbel begitu merajalela melebihi tukang es kepal Milo. Sehingga Subang pantas menyandang gelar kota Timbel. Karena hampir disetiap pojokan jalan di kota Subang, pasti disana ada si tukang timbel. Mulai dari tukang timbel kaki lima hingga rumah makan ternama semua tersedia. Dan, yang membedakan dari para tukang timbel itu tentu saja adalah sambelnya. Sambellah yang menjadi tolok ukur ke-enakan sebuah timbel.

Timbel-timbel paporit di kota Subang diantaranya; timbel Mang Yayan, timbel peternakan, timbel Ciheuleut, timbel mang recok dan banyak lagi… Jadi, timbel mana yang jadi paporit?

timbelsubang.com

Bakso dan Soto

Setiap orang biasanya memiliki bakso paporit. Nah, di kota Subang ada beberapa bakso yang selalu ramai oleh pelanggannya. Kalo musim lebaran para tukang bakso ini pasti jadi buruan. Bakso-bakso paporit di kota Subang diantaranya bakso virgo, bakso bang Ade, bakso mas edi dan banyak lagi. Yang mana bakso paporit wargi ? ataukah ada tukang bakso paporit di kampung nya masing-masing ?

Satu lagi kuliner yang pasti ngangenin kalau pulang kampung, yaitu soto. Setiap daerah di Indonesia banyak yang memiliki soto khasnya masing-masing. Demikian juga dengan Subang. Namun, berbeda dengan kota lain yang menghidangkan soto dengan nasi, di Subang dan sekitarnya soto merupakan ketupat yang disajikan langsung dengan kuahnya dalam satu mangkok. Nah, setiap tukang soto memiliki resep kuah yang berbeda-beda. Dan di setiap daerah di Subang pasti ada tukang soto paporitnya.

Nanas Si Madu

Inilah buah dari Subang yang paling terkenal di seantero jagat raya. Nanas Subang terutama bergelar Si Madu selalu terbayang rasanya yang manis asem seger, terutama jika dicocol sambel.

Kuliner khas kampung 

Beberapa daerah di Subang memiliki makanan tradisional yang tidak bisa ditemui di daerah lainnya,  sehingga jika pulang kampung pasti menjadi buruan utama baik untuk dicicipi maupun untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Sebut saja peuyeum Ciruluk, papais Cisaat, Kurupuk Malarat, sate Cijengkol, goreng belut kukulu, Dodol Nanas dan banyak lagi.

Jalan-jalan di pusat kota Subang

Lama diperantauan pasti kangen ke kota Subang, pasti ingin melihat bagaimana perkembangan kota Subang setelah lama ditinggalkan. Apakah pujasera suadah jadi mall, atau ex-Bioskop Chandra sudah menjadi 21 Cineplex, hehehe… Dan pasti ingin poto-poto di Alun-alun atau Landmark baru kota Subang yang ketika diperantauan hanya bisa dilihat di Instagram.

Kebun Teh Ciater

Suasana sejuk dan hijau hamparan kebun teh yang memanjakan mata pasti ngangenin buat wargi yang sudah lama tidak pulang kampung ke Subang. Belum lagi kenangan bersama mantan ngopi-ngopi berdua sambil makan ketan bakar dan jagung bakar di jongko-jongko pinggir kebun teh pasti menjadi romantisme yang tak terlupakan. Tidak lupa juga makan indomie hangat yang dari aromanya selalu terbayang kelezatannya…

Nyurug dan berendam di air hangat

Lokasi-lokasi wisata yang ada di Subang biasanya juga menjadi list yang harus dikunjungi ketika pulang kampung. Berendam di air hangat, naek ke Tangkuban Parahu, Main ke curug-curug, Bercengkrama dengan Si Baron dan Jack sang buaya Blanakan, panas-panasan di Pondok Bali atau selfi-selfi di atas awan di Pamoyanan yang lagi neghits pasti sudah terdaftar untuk dikunjungi.

Sisingaan

Kesenian khas Subang yang satu ini pastinya juga dikangenin ketika pulang kampung. Kadang, ada pula warga yang sengaja naggap Sisingaan ketika pulang kampung demi melihat kembali kesenian yang pastinya menjadi kenangan masa kecilnya, baik itu kenangan ketika naik Sisingaan diarak keliling kampung atau pun bagi generasi 80-90an kenangan ketika ikut joget dalam arak-arakan bersama pemuda kampung dimana wajahnya dicorat-coret sama bulao :D.

 

Nah, apalagi yang bikin wargi selalu kangen buat pulang kampung ke Subang ?

Berita Terkait: