Berkah Ramadhan, Omzet Pelaku UKM Subang Naik Berkali Lipat

Warung Ramadhan diselenggarakan oleh UKM secara madiri dan didukung oleh PLUT KUMKM Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Bulan Ramdhan adalah berkah tersendiri bagi para pelaku UKM di Subang. Mereka kebanjiran order dari para konsumennya, apalagi menjelang datangnya hari raya idul fitri.

Nurhayati pemilik UKM Rizal asal Cijambe misalnya, UKM yang memproduksi makanan tradisional Ranginang ini mengalami peningkatan omzet berkali lipat.

“Bisanya perminggu terjual 300 bungkus, sekarang perhari bisa 100 bungkus,” kata Nur.

Demikian juga dengan UKM Danxe Chef. Dadang, owner Danxe Chef yang memproduksi beragam produk makanan ini mengatakan omzetnya selama Ramadhan meningkat 50-70%. Pada bulan Ramadhan ini dirinya juga melakukan berbagai inovasi pada produknya sehingga lebih menarik konsumen. Misalnya membuat produk makaroni dan kentang mustofa dalam kemasan toples menarik, paket buka puasa dengan ayam geprek dan ayam bakar dan lainnya.

Hal serupa juga dialami pemilik UKM Pituin dari Cibeusi, Ciater. UKM yang memproduksi beras hitam khas desa Cibeusi ini mengaku omzetnya meningkat meski ada penurunan dari tahun sebelumnya.

“Meski tak sebagus tahun lalu, tahun ini omzet selama Ramadhan naik 75%,” kata Ely Syah owner UKM Pituin.

Selain beras hitam, pada bulan ramadhan dirinya juga memproduksi berbagai penganan untuk berbuka, seperti kolang kaling dan kolak pisang. Dari sini dirinya juga mendapatkan pengahsilan tambahan selama Ramadhan.

Hal senada juga diungkapkan Asriyani, owner UKM Dapoer BuAas yang memproduksi aneka olahan ikan seperti Abon ikan nila, kerupuk tulang ikan dan pepes. Ia mengatakan di Ramadhan ini ada kenaikan omzet meski tak setinggi tahun kemarin.

“Tahun ini ga seramai tahun kemarin, tapi kenaikan omzet masih lebih dari 70%. Tahun ini yang rame (pesanan) pepes sama kerupuk tulang ikan” kata Asriyani owner UKM¬†Dapoer BuAas.

Selain menjual produknya sendiri-sendiri, tahun ini sebagian UKM Subang juga mengadakan acara Warung Ramadhan berupa bazar yang diselenggarakan oleh UKM secara mandiri dan didukung oleh PLUT KUMKM Subang

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here