Gubernur Jabar Dukung Pengembangan Beras Organik Pringkasap, Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan sangat mendukung pengembangan beras organik “Pringkasap” yang dilakukan oleh Dedi Mulyadi bersama Paguyuban Bumi Mandiri, Desa Pringkasap, Kecamatan Pabuaran, Subang. Hal itu disampaikan Heryawan ketika menyerahkan hibah 1 unit Rice Milling Unit (RMU) kepada Paguyuban Bumi Mandiri di Ciparay, Bandung,Senin (14/5/2018) lalu.

Gubernur tampak antusias melihat kemasan beras “Pringkasap” yang sudah dikemas dengan baik.

“Kembangkan terus pertanian organik di Pringkasap” ujar Ahmad Heryawan kepada Dedi Mulyadi di sela penyerahan 1 unit RMU.

Beras organik Pringkasap mulai dikembangkan oleh Dedi Mulyadi sejak ia lulus kuliah dari Institut Pertanian Bogor tahun 2012 lalu. Bermula dari 1 hektar, kini semakin banyak petani yang mengikuti jejaknya. Tahun 2016 beras organik “Pringkasap” mendapatkan sertifikasi organik dari Inofice. (baca juga : Kiprah Petani Muda Alumni IPB Bangun Desa Organik di Subang)

Selain memproduksi beras organik, Dedi Mulyadi juga memproduksi pupuk organik yang diberi merek DEKA. Pupuk inililah yang digunakan dalam penanaman beras organik Pringkasap.

Simbolis penyerahan hibah unit RMU ini dilaksanakan pada kegiatan Gerak Tanam Tahun 2018. Acara tersebut dihadiri oleh kelompok tani, POPT dan Dinas Pertanian Se-Jawa Barat.

Berita Terkait: