Curug Tunan, Satu Lagi Obyek Wisata di Ciater

KOTASUBANG.com, Subang – Satu lagi obyek wisata baru yang bisa menjadi pilihan wisata warga Subang, yaitu Curug Tunan Katumiri yang berada di Kampung Dangdeur Desa Sanca Kecamatan Ciater. Curug ini resmi dibuka dan dijadikan salah satu obyek wisata di Kabupaten Subang pada hari Sabtu (12/5/2018).

Hadir dalam peresmian tersebut Plt Bupati Subang H. Ating Rusnatim, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga H Ahmad Sobari, Kabid Kebudayaan Disdikbud Didin Mahpudin, unsur Muspika Ciater, tokoh pemuda dan warga setempat.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Subang H Ating Rusnatim mengapresiasi upaya yang dilakukan masyarakat dan instansi terkait untuk membuka areal curug, yang sebelumnya hutan belantara dan srmak belukar yang jarang dikunjungi orang-orang.

“Dengan dibukanya kawasan ini, keindahan dan pesona Curug Katumiri akhirnya bisa dinikmati publik. Ke depan, Curug Katumiri sangat potensial menjadi destinasi wisata baru dan memperkaya khazanah obyek-obyek wisata di Kabupaten Subang,” kata Ating.

Sehingga, pada gilirannya akan menumbuhkan ekonomi warga sekitar dan diharapkan berkontribusi pada peningkatan pendapatan daerah (PAD). “Curug ini berpotensi besar jadi obyek wisata baru, yang bisa memberikan manfaat bagi warga sekitar dan juga pemerintah daerah,” katanya.

Pihaknya pun meminta instansi terkait segera melakukan penataan dan pembenahan areal curug. “Perlu segera ada penataan sarana dan prasarana, namun dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan alamiahnya,” tegas Ating.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga H Ahmad Sobari, menegaskan, segera melakukan penataan sarana dan prasarana di areal kawasan curug. Termasuk mengupayakan pembenahan akses jalan menuju lokasi curug.

“Nanti kita upayakan juga ada pagar pengaman di sepanjang jalur menurun menuju lokasi curug, karena jalurnya terjal dan tebingnya curam, untuk antisipasi kerawanan agar pengunjung nyaman,” imbuh Sobari.

Berita Terkait: