Subang Optimistis Target Produksi Padi Tahun Ini Tercapai

petani-subang-jabar

Petani Subang Memanen Padi

Meski tengah dilanda bencana kekeringan akibat musim kemarau, Dinas Pertanian Kabupaten Subang tetap optimistis target produksi gabah tahun 2013 di Sentra Produksi Padi Kabupaten Subang, Jawa barat sebanyak 1.147.874 ton gabah kering giling (GKG) akan terealisasi.

Kabid Produksi dan Perlindungan Tanaman pada Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Subang Asep Heryana mengungkapkan, dari target produksi gabah sebanyak 1.147.874 ton gabah kering giling (GKG), hingga juli 2013 sudah terealisasi sebanyak 579.410 ton GKG, atau sekitar 50 persen dari target.

Keberadaan musim kemarau dinilainya tak akan banyak berpengaruh terhadap target produksi meski sebagian wilayah dilanda kekeringan.

“Kita optimistis target produksi bisa tercapai, sebab masih ada hasil panen pada Juli, Agustus dan September terutama di daerah Pantura yang belum di hitung. Juga di beberapa daerah masih banyak petani yang belum panen. Kalaupun ada kemarau, pengaruhnya gak terlalu besar,” ujar Asep, Selasa (17/9).

Menurutnya, target produksi sebesar 1.147.874 ton gabah kering giling (GKG) cukup rasional, jika mengacu pada target luas tanam dan luas panen yang ditetapkan. (Metro)