Ratusan Pehobi Mancing Meriahkan Launching Situ Cigayonggong Kasomalang

KOTASUBANG.com, Subang – Ratusan pehobi mancing antusias mengikuti acara mancing mania yang digelar di situ Cigayonggong, Desa Kasomalang Wetan, Kecamatan Kasomalang, Sabtu (5/5/2018). Acara ini digelar dalam rangka re-launching obyek wisata Situ Cigayongong. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Karang Taruna Jiwa Karsa Desa Kasomalang Wetan yang juga ditunjuk sebagai pengelola wisata situ Cigayonggong.

Turut hadir dalam launching tersebut perwakilan dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, perwakilan dari Pemkab Subang, Camat, Kepala Desa Kasomalang Wetan Nunung Nuraeni, Sekjen Riungan Masyarakat Pemuda Kampung (Rampak) Jawa Barat.

Sebanyak 500 peserta mancing dari berbagai daerah yang ada di Jawa Barat turut mengikuti acara tersebut. Para pehobi mancing tersebut antusias mengikuti acara ini memperebutkan door prize seekor domba.

Menurut Ketua Karang Taruna Jiwa Karsa Dede Davi Zaelani situ Cigayongong sebenarnya sempat jaya dimasanya, namun sejak 18 tahun terakhir situ menjadi tidak terawat dan dipenuhi tanaman eceng gondok. Baru pada awal tahun 2018 atau awal periode kepala desa yang baru, situ ini mulai ditata kembali. Membutuhkan waktu selam 4 bulan untuk membersihkan kembali situ tersebut, yang dikerjakan secara gotong royong oleh warga sekitar.

“Kedepan situ yang luasnya 2,4 hektar ini akan dikelola menjadi objek wisata air, wisata edukasi, wisata kuliner, wisata mancing alam dan direncanakan di sekeliling situ akan dibuatkan jogging trek,” kata Davi, yang juga sebagai pendamping desa setempat.

Dirinya berharap, setelah dilaunching ini, masyarakat bisa menjaga kebersihan situ tersebut, dengan tidak mebuang sampah sembarangan. Demikina juga dengan para pedagang, diharapkan bisa tertib dan menjaga kebersihan dalam berjualan sehingga wisatwan bisa betah berkunjung ke sana.

“Dengan makin banyak wisatawan berkunjung ke Situ Cigayonggong, tentu akan berujung terjadinya perputaran uang dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar” ujarnya.

Kepala Desa Kasomalang Wetan Nunung Nuraeni mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak atas terselengaranya launching desa wisata dan lomba mancing ini.

“Ini awal dan kami minta doanya kedepan dengan dikelola oleh Desa dan Karang Taruna, situ Cigayongong akan kami jadikan sebagai objek wisata baru, mudah-mudahan akan membawa kesejahteran bagai masyarakat desa,” katanya.

 

Berita Terkait: