Ingat !, Pemilih Wajib Membawa KTP atau Suket ke TPS

KOTASUBANG.com, Subang – Meskipun namanya sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), pemilih pada Pilkada 2018 tetap harus membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) atau Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pada saat hari pemilihan 27 Juni 2018 nanti. Hal tersebut disampaikan  Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten, Ahmad Koncara kepada wartawan, Sabtu (5/5/2018) di Aula KPU Subang.

“Hal ini diatur dalam Pasal 7 ayat (2) Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota,” kata Ahmad.

Bunyi dari pasal 7 ayat (2) Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 sebagi berikut,

“Dalam memberikan suara di TPS sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Pemilih menunjukkan formulir Model C6-KWK dan wajib menunjukkan KTP-el atau Surat Keterangan Kepada KPPS”.

Sosialisasi mengenai hal ini sangat penting untuk dilakukan dalam upaya meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada mendatang.

“Karenanya saya menghimbau kepada tim sukses, partai politik dan media massa untuk membantu mensosialisasikan hal ini kepada maayarakat,” ungkapnya.

Sementara itu terkait peningkatan partisipasi pemilih, Komisioner Divisi Data KPU Kab Subang, Suryaman menyebutkan pihaknya berupaya mengoptimalkan data pemilih.

“Kami berharap partisipasi pemilih 100%. Maka dari itu kami optimalkan,” katanya.

 

 

 

 

Berita Terkait: