Dalang Bule Asal Inggris Akan Gelar Pertunjukan di Subang

Matthew Isaac Cohen kerap dipanggil Ki Matthew saat mendalang (foto: pure.royalholloway.ac.uk)

KOTASUBANG.com, Subang  – Dalang Wayang Kulit asal Inggris Ki Matthew Cohen di jadwalkan akan menggelar pertunjukan di Subang, akhir Juli mendatang. Rencananya pertunjukan dalang bule tersebut akan digelar di wilayah pantura, Subang.

“Ini adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kabupaten Subang menjadi salah satu titik yang disinggahi oleh dalang tersebut. Pelaksanaannya tanggal 30 Juli 2018. Mengenai lokasi pertunjukan, kemungkinan akan dipilih antara Pamanukan atau di Blanakan, “ungkap Kabid Kebudayaan Disdikbud, Didin Mahpudin, seusai acara sosialisasi kegiatan pertunjukkan wayang tersebut di Aula kantor bidang Kebudayaan, Disdikbud, Subang (3/5/2018).

Dra. Ruliah Hasyim, Kasie Diplomasi Budaya Regional Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjenbud, Kemendikbud mengungkapkan, dipilihnya Subang sebagai salah satu lokasi pertunjukkan berdasarkan permintaan sang dalang itu sendiri, hal ini sesuai dengan gaya wayang kulit ki Dalang Matthew Cohen yang cenderung bergaya wayang kulit Cirebonan.

“Dulu dalang Cohen ini belajar dalang di Yogya dan Cirebon, namun kemudian dia lebih cocok dengan gaya Cirebonan,” katanya.

“Jadi untuk tour mendalangnya ini, dipilih di kota-kota sekitar Cirebon, mulai dari Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Brebes, Tegal dan terakhir di Solo,” ungkap Ruliah.

 

Dalang bule, Prof. Matthew Cohen ini merupakan seorang guru besar di Royal Holloway University of London, Inggris. Pria asal Amerika yang kini menetap di Inggris tersebut mulai belajar seni pertunjukan wayang saat dirinya menuntut ilmu di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo pada tahun 1988.

Selain Matthew menurut Ruliah, saat ini ada banyak sekali pedalang yang berasal dari berbagai negara seperti di beberapa negara Eropa, Jepang hingga Amerika. Kegiatan tour mendalang ini guna mengakomodir keinginan para pedalang dari luar negeri tersebut untuk bisa menggelar pertunjukkan di Indonesia, negeri asal kesenian wayang.

Artikel Terkait:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here