Pelabuhan Patimban Ditargetkan Beroperasi Tahun Depan

KOTASUBANG.com, Subang – Untuk mendukung kegiatan ekspor impor pemerintah tengah membangun pelabuhan di kawasan Patimban, Subang, Jawa Barat yang saat ini sudah memasuki tahap satu.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menuturkan rencananya Pelabuhan Patimban akan siap beroperasi tahun depan.

“Targetnya kira-kira akan beroperasi tahun depan,” ungkap Budi Karya Sumadi saat ditemui di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (5/3/2018).

Sebelum dioperasikannya Pelabuhan Patimban, Budi Karya mengimbau kepada para pelaku industri khususnya industri otomotif, agar berinovasi meningkatkan kualitas produk dan produksi seperti mengganti mobil emisi euro 2 menjadi euro 4.

“Indonesia menjadi salah satu penghasil produk otomotif, kita harus lakukan dukungan penuh sebagai kolerasi kita akam membangun pelabuhan patimban sehingga kosentrrasi pembangunan otomotif akan itensif,” ujar Budi Karya Sumadi.

Pembangunan Pelabuhan Patimban menggunakan gabungan saham pemerintah Indonesia dan Jepang.

Pembangunan pelabuhan yang akan dibagi ke dalam 3 tahap itu mendapatkan pinjaman dari JICA, Jepang mencapai 1,03 dollar AS atau setara dengan Rp 13,7 triliun yang berasal dari pinjaman dari Jepang melalui JICA dengan kapasitas mencapai 3,75 teus.

Sebelumnya,  Budi Karya mengatakan saham mayoritas berasal dari Indonesia sehingga lebih mudah untuk pengoperasiannya.

“Dengan segera melakukan satu pemilihan operator yang mayoritas Indonesia, itu sudah disepakati,” ucap Budi Karya, Minggu (21/1/2018). (Tribun)

Artikel Terkait:

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here