Padepokan Bajidoran Diresmikan, Bisa Jadi Destinasi Wisata Subang

Peresmian gedung Padepokan Bajidoran

KOTASUBANG.com, Subang – Kabupaten Subang memang sudah dikenal kaya dengan budayanya. Diantara seni tersebut bahkan menjadi inspirasi dan menyebar daerah lainnya. Salah satunya adalah Bajidoran. Seni budaya yang awalnya berkembang di Subang dan Karawang ini kini mulai digemari di daerah lain.

Di Subang bahkan kini sudah berdiri dengan megah gedung Padepokan Bajidoran yang merupakan hibah dari Gubernur di Jalan Veteran, Kp. Palabuan, Sukamelang, Subang. Peresmian gedung tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Ida Hernida, Rabu (25/4/2018).

“Saya atas nama Gubernur meresmikan Padepokan Bajidoran ini. Saya himbau untuk dikembangkan dan terus dilakukan pagelaran setiap pekan dengan dikolaborasikan dengan kegiatan lainnya,” katanya.

Ia mengingatkan, pengelola Padepokan tersebut harus lebih paham terhadap perkembangan kebudayaan karena akan menumbuhkan perekonomian bagi warga setempat dan para seniman serta budayawan termasuk sektor wisata.

Ida meminta Dinas Pariwisata serta Disdikbud untuk bekerjasama dan mengembangkan bajidoran ini. Bahkan kini oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat , Bajidoran telah dimasukkan ke destinasi bukan benda.

Pertunjukan bajidoran yang hidup dan berkembang di masyarakat, lanjut Kadisparbud Jabar, merupakan transformasi dari pertunjukan ketuk tilu yang melegenda sebagai sebuah bentuk tari pergaulan di dan hidup dikalangan rakyat.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Subang melalui Kabid Kebudayaan, Didin Mahpudin bersyukur dengan adanya hibah bangunan dari Gubernur Jabar untuk pengembangan kebudayaan Bajidoran. Dirinya akan berusaha meningkatkan kerjasama yang selama ini terjalin, termasuk adanya pagelaran pagelaran budaya untuk pengembangan kepariwisataan di Subang.

“Selain pergelaran bajidoran tentu saja gedung ini punĀ  sebagai tempatĀ  melestarikan seni dan budaya yang dikembangkan oleh padepokan dan bila perlu dijajaki juga kemitraan dalam berbagai even budaya dan pengembangan kampung budaya,” katanya.

Sementara itu Ketua Padepokan Bajidoran Subang, Warma, BA menjelaskan, gedung yang merupakan hibah dari Gubernur tersebut mulai dibangun sejak Oktober 2017 silam dan sudah mulai dipergunakan untuk latihan-latihan tari dan berbagai kesenian lainnya.