Bendungan Untuk 5.400 Hektare Sawah Segera Diperbaiki

Bendung Leuwi Nangka (Foto : Sindo)

Bendung Leuwi Nangka (Foto : Sindo)

Kepala Bidang Operasional Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Arif Budiyo menjelaskan BBWS Citarum akan memperbaiki bendungan Leuwi Nangka yang jebol 3 tahun lalu pada 2014.

“Dari pemerintah pusat sudah disetujui bendungan itu mulai diperbaiki 2014 dengan menggunakan anggaran sekitar Rp 25 – Rp 30 miliar yang akan dicairkan selama 2 tahun,” kata Arif kepada Tribun di Subang, Rabu (18/9).

Ia menjelaskan, pengerjaan perbaikan bendungan Leuwi Nangka tersebut, akan dimulai 2014 dan diperkirakan selesai pada 2015 mendatang.”Mudah-mudahan perbaikannya tidak mengalami hambatan sehingga pengerjaannya bisa selesai dengan cepat,” kata dia.

Selama tiga tahun, kata Arif, bendungan yang dibangun sejak pemerintahan Belanda tersebut kondisinya sudah kritis sehingga mengancam ketersediaan air bagi para petani di lima kecamatan di Kabupaten Subang.

“Bendungan itu mengairi 5400 hektare sawah di Subang. Karena jebol, pasokan airnya cukup terganggu. Tapi untuk sementara, selama itu, pihaknya membuat tanggul darurat agar 5.400 hektare sawah tersebut bisa terairi. Tapi itu untuk sementara dan tentunya selain petani, kami juga serius memperbaiki bendungan tersebut karena memang penting untuk petani,” ujarnya. (Tribun)