SBY Senang Ke Ciater, Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Kawasan Ciater, Subang memang sudah dikenal dengan destinasi wisatanya yang menarik untuk di Kunjungi. Udara yang sejuk dan keindahan alamnya menarik bagi siapapun untuk datang ke sana. Sebut saja Tangkuban Parahu dan pemandian air panas alam Sari Ater di kawasan Ciater yang sudah dikenal wisatawan Indonesia bahkan mancanegara.

Hal ini pula yang menarik presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memilih kawasan Ciater sebagai tempatnya menginap dalam kunjungannya ke Subang (22/3/2018). Di sana, SBY dan keluarga tampak menikmati kesejukan alam dan air panas alam Sari Ater yang dinilai salah satu yang terbaik di dunia. Hal itu berdasarkan penilaian wisatawan yang berkunjung kesana.

Putra SBY, Edhy Baskoro Yudhoyono juga tampak begitu menikmati suasana di sana. Ibas, sapaan akrabya, juga sempat memamerkan keceriannya ketika menikmati air panas alam di Curug Jodo, Sari Ater melalui akun instagramnya.

“Mata air panas Ciater berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu yang letaknya tidak terlalu jauh dari objek wisata ini,” tulisnya pada caption foto Instagram pribadinya ketika sedang berada di Curug Jodo, Sari Ater.

Tibatan manéh nganggur, sok mending nyoba mandi sehat air alam di ciater.. Meni Seger Pisaaan, euy!! Urang teh teu nyari Jodo.. asliii, sueerr!,” ujarnya becanda dalam Bahasa Sunda yang artinya; “Dari pada nganggur, mending nyoba mandi sehat air alam di Ciater… Seger banget!! Saya lagi gak nyari jodoh.. asli suerr!.

Berkunjung ke suatu daerah tentunya tak boleh ketinggalan oleh-olehnya. Di Subang, oleh-olehnya yang paling terkenal adalah nanas Si Madu. Berbeda dengan nanas dari daerah lain, nanas khas Subang ini ukurannya lebih besar dan rasanya lebih manis, sehingga dikenal dengan nama Si Madu. Pak SBY dan keluarga juga tak lupa membeli nanas Si Madu ketika berkunjung ke daerah Ciater.

“Ini rasanya berbeda dengan nanas lainnya, enak sekali tidak asem  ” ujar Ani Yudhoyono.

“Iya ini lebih manis karena berbeda, bukan nanas biasa,” kata SBY menerangkan kepada istrinya.

Ternyata SBY begitu mengenal kawasan Ciater, karena dirinya pernah bertugas di Jawa Barat, sehingga dirinya sering berkunjung ke Ciater, Subang. Pun demikian ketika menjadi menteri, dirinya mengaku sering berkunjung ke kawasan ini.

Sejak peristiwa kecelakaan di Tanjakan Emen, Ciater beberapa waktu lalu, jumlah kunjungan ke kawasan Ciater sedikit menurun. Padahal akses menuju lokasi wisata ini tetap aman asalkan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.  Selain itu untuk menuju Ciater wisatawan bisa saja menghindari melewati tanjakan Emen dengan melalui akses keluar tol Cipali – Subang – Ciater . Karena biasanya kendaraan yang mengalami kecelakaan adalah yang berasal dari arah Bandung menuju Ciater yang mengalami rem blong ketika melewati turunan berkelok di daerah Cicenang, Ciater (tanjakan Emen).

Jadi kapan ke Ciater ? SBY saja ketagihan berendam air panas di sana!

Berita Terkait: