Kekeringan, Sawah di Pantura Subang Tak Bisa Ditanami Padi

Foto : Panen Padi di Daerah Dawuan, Subang Beberapa Bulan Lalu

Foto : Panen Padi di Daerah Dawuan, Subang Beberapa Bulan Lalu

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Subang melansir ada dua kecamatan yang pada musim gadu kedua ini tak bisa tanam. Yaitu, Kecamatan Pusakanagara dan Pusakajaya.

Pasalnya, suplai air untuk kedua wilayah itu tidak tersedia. Bahkan, saat ini jaringan irigasi yang mengalir kedua wilayah itu telah mengering.

Kepala Bidang Program Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Subang, Hendrawan, menyebutkan area sawah di Kecamatan Pusakanagara yang tak bisa tanam sekitar 583 hektare. Sedangkan, di Pusakajaya sekitar 588 hektare.

“Dua kecamatan itu memang posisinya paling utara di Subang. Jadi, air irigasinya tidak sampai ke kedua kecamatan itu,” ujarnya, kepada Republika Online, Selasa (10/9).

Terkait dengan kekeringan, sampai saat ini belum ada kasus yang menonjol. Bila ancaman memang ada. Yakni, untuk wilayah Subang, sawah yang terancam kekeringan mencapai 2.162 hektare. Area sawah itu tersebar di 30 kecamatan.

Meski demikian, lanjut dia, pihaknya telah menginstruksikan ke petani untuk tidak tanam padi saat musim gadu kedua. Sebaiknya, lahan sawah itu ditanami palawija saja ataupun tanaman semangka. Sebab, palawija tak terlalu membutuhkan air secara berlebihan.(Republika)