KPU Subang Resmi Lantik 90 Anggota PPK

KOTASUBANG.com, Subang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Ruang PPID KPU Kabupaten Subang, Kamis malam (8/3/2018). Pelantikan dilakukan oleh Ketua KPU, Maman Suparman.

Dalam sambutannya Maman menyampaikan amanat para anggota PPK supaya melakukan koordinasi dan konsolidasi internal dengan anggota PPK lainnya

“Harus membangun komunikasi yang nyambung dengan sesama anggota PPK,” ujarnya

Kemudian kata dia dalam mengambil keputusan harus merupakan hasil rapat pleno. Dia mengingatkan harus memilah antara pekerjaan tahapan Pilkada dan Pemilu Legislatif. Melakukan konsolidasi internal antara PPK Pilkada dan PPK 2019 atau legislatif.

Dia juga mengingatkan bahwa menghadapi pemilihan umum tahun 2019 integritas akan diuji jauh lebih berat dibandingkan dengan pemilu kepala daerah. Karena dalam Pileg diikuti oleh peserta jauh lebih banyak dibandingkan dengan Pilkada.

“Ini akan menjadi ujian integritas sebagai penyelenggara pemilu,” tambahnya.

Oleh karena itu sambung dia sebagai anggota penyelenggara Pemilu, perlu menjaga integritas dari godaan terutama yang bersifat materi demi terselenggaranya pemilu yang berintegritas.

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan masing-masing kecamatan dari nomor 319 sampai dengan nomor 348/HK.03.1.Kpt/3213/Kab/III/2018 tentang Penetapan dan Pengangkatan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan untuk Pemilihan Umum Tahun 2019.

Maman menegaskan bahwa pihaknya melakukan seleksi dengan kuisioner dan dan keputusan melalui rapat pleno.

“Saya pastikan bahwa dalam seleksi ini kami lakukan dengan proses dengan sebenarnya,” ujarnya.

Kemudian dia juga mengatakan bahwa dalam pemilihan ini tidak ada tendensi untuk mempertahankan ketua ataupun ODP. “Karena dari hasilnya ada 5 orang ketua dan 8 orang ODP yang tidak lolos seleksi,” ujarnya lagi.

Mereka yang dilantik akan bertugas mengerjakan tahapan Pemilu tahun 2019 Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota Legislatif.

Berita Terkait: